Busway Gandeng TransJakarta

Monday, June 16, 2008
Selama semingguan ini, gw udah denger gosip tentang adanya bus gila yang ngelemparin penumpangnya satu demi satu di tengah jalan tol. Nama bus itu adalah Bus Gendeng.

Eniwei, ternyata gosip itu gak bener, gak ada bus gituan. Yang ada malah bus baru yang dikeluarin oleh pihak TransJakarta untuk mengantisipasi animo penumpang yang semakin membludak. Bus itu adalah Busway Gandeng.

Hari Jumat (13/06) sore, jam setengah empat, seperti biasa gw udah dandan rapih, nyisir rambut pake minyak, en pake deodoran di muka (ya ngga lah!). Lalu setelah mastiin kalo atribut PDA (Pakaian Dinas Akademik) STIS gw lengkap, gw langsung menuju halte Kampus STIS. Jumat sore adalah waktunya bimbingan skripsi.

Sampe di halte, gw langsung naek mikrolet M16 Toyota 16 ke Kampung Melayu. Pas turun, gw sempet liat kalo ada busway jurusan Ancol yang lagi standby disono. Gw mempercepat langkah en segera ngeluarin uang 3500 rupiah bwt beli tiket. Abis ngambil tiket dari tangan kasir, gw langsung masuk ke dalam shelter, but it's too late, buswaynya udah jalan. Ini bukan untuk yang pertama kalinya. Setiap Jumat sore, gw selalu mengalami hal yang sama! Dugaan gw, para sopir Busway udah bersekongkol. Dengan hati yang berbunga-bunga, mereka ngeliat proses gw turun dari mobil angkot hingga nyampe ke loket pembelian tiket (slow motion). Pas gw nyodorin uang, mereka langsung menutup pintu bus en menginjak pedal gas dengan tawa kemenangan.

Gw rasanya gondok banget, apalagi busnya tu Busway Gandeng, yang gw belon pernah naek sekalipun. Gw cuma bisa ngeliat dari luar dengan perasaan hampa, keliatannya bus yang satu ini impor langsung dari Jepang, soalnya dua-batang-besi-bwt-pegangan-tangan yang nempel di pintunya mirip banget ama yang ada di bus-bus Jepang. Harapan gw, bus yang datang berikutnya tu Busway Gandeng. Tapi harapan kadang berbeda dengan kenyataan, yang datang malah bus biasa-biasa aja. Gw terpaksa naek karena gak mw terlambat datang bimbingan.

Bimbingan skripsi selalu berakhir pas Maghrib, entah itu kami datangnya bertiga, ataupun datang berdua. Kali ini gw datang bareng Si Nindya. Abis sholat Maghrib di mesjidnya BPS, Si Nindya bilang kalo dia mw nginap di BPS tempat kakaknya yang gak jauh dari BPS. Berarti gw pulang sendirian. Jam 18.15, gw masuk ke shelter Budi Utomo, kalo dari Ancol, satu shelter sebelum Senen, trus gw dengan setianya menunggu busway. Gw tau kalo kondisinya bakal berdesak-desakan, tapi setidaknya busnya ber-AC. Ini lebih baek daripada naek bus P2, udah AC gak ada, trus hidung gw jadi penyedot asap rokok kaum pecinta nikotin. Gw gak rela!

10 menit kemudian, lewat busway dari arah Kampung Melayu dalam keadaan Pepes Orang. Gw langsung heran, koq bisa-bisanya busway ke Ancol penuh jam segini, apa semua orang sedang "menjemput busway"? Apa gak ada busway yang datang dari arah Ancol? Pertanyaan gw segera terjawab. Setelah 20 menit berada di dalam shelter, belon ada satupun busway yang lewat. I hate waiting. Gw cuma bisa nge-SMS Si Nindya, how lucky she is..

Jam 18.40, akhirnya datang juga sebuah busway dari arah Ancol. Penantian gw berakhir sudah, apalagi pas liat ciri-ciri fisiknya, busway yang datang adalah Busway Gandeng yang gw idam-idamkan. Semakin dekat tu busway ke shelter, semakin jelas pula struktur posisi penumpang didalamnya, Pepes Orang! Pintu busway dibuka, tapi kondekturnya gak ngasi orang masuk karena udah kepenuhan. Ada satu orang yang naek lewat pintu belakang, tapi dia terpaksa turun karena pintu belakang gak bisa ditutup saking penuhnya.

Udah setengah jam gw di dalam shelter, cuma dua busway yang lewat, dua-duanya berstatus Pepes Orang. Lima menit kemudian, alias jam 18.50, lewat lagi busway dari arah Kampung Melayu. Begitu nyadar kalo yang lewat tu Busway Gandeng, gw langsung mutusin untuk "menjemput busway", apalagi penumpangnya gak Pepes Orang, tapi nyaris Pepes Orang.

Di dalam Busway Gandeng, gw perhatiin interior busway yang satu ini, ternyata gak jauh berbeda dengan busway-busway yang laennya, keunikannya cuma terletak pada dua-batang-besi-bwt-pegangan-tangan yang nempel di pintunya. Kekurangannya, jalannya lambat banget kayak siput, mungkin supirnya belon biasa bawa Bus yang panjangnya dua kali lipat kayak gini. Tapi asik juga naek Busway Gandeng, plus pemandangan Mangga Dua Square waktu malam, apalagi kalo ditambah suara "jes-jes-jes", serasa naek Kereta Api di Jepang.

Perjalanan dari shelter Budi Utomo ke shelter Pademangan, satu shelter sebelum Ancol, cuma makan waktu sepuluh menitan. Sampe disana gw liat yang lagi nunggu busway jumlahnya bejibun, kayak lagi ngantri minyak tanah murah. Gw langsung turun bersama 90% penumpang Busway Gandeng, yang sesuai dugaan gw adalah para "Penjemput Busway".

Dalam kurun waktu 15 menit berikutnya, datang beberapa bus dari arah Kampung Melayu, yang semakin memadatkan jumlah calon penumpang yang ada di shelter Pademangan. Posisi gw saat itu, ada di tengah-tengah antrian kerumunan calon penumpang di pintu tengah shelter. Ekspresi para calon penumpang umumnya kayak gini :( , termasuk gw. Jam 7.15, datang sebuah busway gandeng, keliatannya sih busway yang gw naekin tadi. Pas udah dekat, jelaslah kalo busway yang satu ini udah overdosis alias nyaris Pepes Orang. Cuma beberapa orang aja yang bisa naek.

Sepuluh menit kemudian, sekitar jam 7.25, datanglah sebuah busway biasa, yang dari jauh pun udah keliatan kalo busway yang satu ini sepi penumpang. Cuma beberapa orang yang berdiri! Gw ama calon penumpang yang laen, menunggu dengan antusias detik-detik merapatnya busway ke shelter Pademangan. Wajah kami seperti gerombolan singa yang kelaparan, yang siap menerkam pintu busway, menggigit besinya, mencakar kacanya, lalu nangis karena kejepit pintu.

Sayangnya tu busway berlalu begitu aja dari pintu tengah shelter. Gw cuma bisa melongo pas liat tu busway, berhenti di pintu kanan shelter. OK, no problem, setidaknya kami yang di ada di pintu tengah shelter, bisa masuk lewat pintu belakang busway. Tapi apa mau dikata, setelah beberapa detik menunggu, pintu belakang busway tak kunjung membuka, sementara gerombolan orang di pintu kanan shelter semakin menipis, berpindah ke dalam busway. Saat itu, gw langsung ngambil inisiatip ninggalin posisi gw yang udah lumayan di pintu tengah shelter, en langsung bergerak cepat ke arah pintu kanan shelter.

Perjudian gw membuahkan hasil, gw termasuk ke dalam lima orang terakhir yang naek ke dalam busway. Setelah busway jalan, suasana hati gw agak berubah dikit, ekspresi gw juga udah agak melunak. Dari yang tadinya kayak gini :( , sekarang udah kayak gini :| . Tapi gw bakal langsung kayak gini :) kalo ada cewek cakep yang senyum ke arah gw.
Maunya..!!

Perjalanan di dalam busway, seperti biasa selalu ngebosenin kalo gak ada temen bicara. En setelah ganti busway di Terminal Kampung Melayu, gw nyampe di shelter Bidaracina, satu shelter setelah Kampung Melayu, pas jam di hape gw nunjukkin pukul 20.08. Ini adalah pengalaman yang paling melelahkan selama berurusan dengan busway. Belon pernah gw nyampe setelat ini dari BPS. Yang jelas badan gw capek berat, tapi yang penting gw udah naek Busway Gandeng.

2 comments:

Anonymous said...

pertamax!
busyeeett...
panjang bener curhatannya bang..

lancar banget nih... [mudah2an skripsihnya selancar ini]

btw blog nya ngepink banget si..
R U in pink..?
hew3..

Anonymous said...

falltara?
siapa neh?

**blogwalking dulu setengah jam..**

oalah, rupanya si Dina Lai Lai Lai Lai Lai Lailan.. :D
Kirain siapa..

Hmm.. add ke blogroll dulu..

**add ke ke blogroll 10 menit..**

Howaiyu Din?
skripsi? sedang diusahain supaya lancar.. :D
btw masalah Pinky Boy, dah pernah abg jawab disini.. :D

Gantian maen kesana ah..

Post a Comment