5 Tips Supaya Diterima Oleh Google Adsense

Monday, June 2, 2008
Beberapa hari lalu, temen gw yang mulai terjerat oleh virus ngeblog, Si Riza alias Si Sapi (gw lebih senang manggil yang ini :D), nanya ke gw gimana caranya supaya diterima ma Google Adsense.

Riza bercerita:
"Bulan lalu, gw dah coba ngelamar Google Adsense dengan mas kawin satu ekor gajah blog gw. Balesannya lama banget, setengah bulan kemudian barulah Adsense ngasi jawaban. Ternyata lamaran dia ditolak dengan alasan cas-cis-cus (gw rada-rada lupa apa alasannya)."

Gw terenyuh mendengar cerita Si Riza, karena gw orangnya suka mbantu orang laen (**narcis mode on**), en supaya kejadian kayak yang Si Riza alamin gak terulang lagi, ini neh 5 tips yang harus loe amalin supaya blog/situs loe diterima ma Google Adsense.


#1
Blog/situs loe sebaiknya berbahasa Inggris. Kenapa? Karena Adsense belon boleh dipasang di blog/situs yang berbahasa Indonesia. Mungkin karena stok iklan yang Bahasa Indonesia masih sedikit jumlahnya.

Tapi kalo loe pengen ngedaptarin blog/situs loe yang berbahasa Spanyol, Perancis, atw Arab, itu juga boleh. Dengan syarat, Google udah ngasi ijin untuk masang Adsense di blog/situs dengan bahasa tersebut. Intinya, ikuti maunya Google!


#2
Blog/situs loe sebaiknya berisi informasi yang banyak dicari orang dalam kurun waktu yang lama. Contohnya ni, waktu itu gw ngasi situs ini buat ngelamar Google Adsense. Sedangkan temen gw (rekan seperjuangan gw mengais Dollar yang keliatannya ampir KO), Si DimDim ngasi situs yang isinya info tentang Harry Potter. Setelah dua hari, gw dapat e-mail dari Google, yang isinya dia menerima pinangan gw. Sedangkan Si DimDim, ditolak.

Setelah gw analisis, menurut gw isi blog gw emang dicari banyak orang daripada isi situs si DimDim. Liat aja situs gw, nyaris setiap minggu ada updateannya. Tapi Harry Potter kan sifatnya musiman. Baru rame klo novelnya keluar or pilemnya diputar di bioskop. Apalagi sekarang novelnya dah tamat, so prospek pengunjungnya kecil. That's why Google pushed you away... (Englishnya bener gak sih? Ah masa bodo..)


#3
Sediain sedikitnya 10 artikel di blog/situs loe. Emang sih, waktu gw daptar, waktu itu di situs ini cuma ada 3 atw 4 post. En setelah gw mikir-mikir lagi, gw baru sadar betapa hokinya gw. Masalahnya gw gak yakin tu hoki bakal nular ke loe. So sebaiknya loe sediain minimal 10 artikel. Publisher Adsense Legendaris seperti Om Cosa juga nganjurin hal ini! Manggut aja deh!


#4
Sering mengupdate blog! Kalo postingan loe yang terakhir dengan post sebelumnya berjarak sebulan, gimana Google mw nerima loe? Situs yang jarang update, otomatis juga jarang pengunjung. So, klo Google nerima loe, ntar siapa yang mw ngeklik iklan Adsensenya? Genderuwo?

Lagian, bisa jadi selama beberapa hari pihak Google memantau perkembangan blog/situs loe. So tampilkan kesan bahwa blog loe adalah blog yang aktif en sering diupdate. Gak perlu satu hari satu, cukup posting artikel baru 2 atw 3 hari sekali.


#5
Daptarin blog/situs loe ke Search Engine. Gw gak yakin apa hal ini bisa mempengaruhi Google bwt nerima loe. Tapi untuk kebaikan, lakuin aja deh. Manfaatnya besar untuk ke depannya.


Selamat berjuang!
Ayo Pindahkan Dollar-Dollar Amrik ke Indonesia!

21 comments:

Anonymous said...

ampun deh di bikin artikel masalah gw,,nieh gw jabarin lagi keadaan blognya:
1.postingan gw dah lebih dari 10 (gmana tuh?)
2.daftarin blog direktory udah banyak(cek aja di blognya xavi
3.frekuensi postingan gw ibarat bersihin kamar wc hampir 3-4 kali seminggu
4.ko about me nya harus di hapus ya?kan bagus tuh gambar xavi imut

gmana?kalo si google ga mw nerima yawdah masih banyak yang lain,,ada si adbrite,ato ga yang lokal kliksaya.com

yang penting blog tetep jalan.hex

Kai said...

keliatannya utk sementara, about me nya kudu diapus..
ga tw alesannya, tapi ini wejangan langsung dari Om Cosa..
So nurut aja, ntar juga ngerti..

riezea said...

ok boss,, udah di hapus

Anonymous said...

eh teman2 gw ketemu web bagus ni, blog deh lebih lengkap nya. dia ngasih tau rahasia" besar google adsense gt. buka dhe.

http://suksesgoogle.blogspot.com

Kai said...

OK, mas Anon, makasi infonya :D
Ntar mampir deh..

Anonymous said...

Oe, bantuin aku dong yang barusan kepincut nyemplung adsense, mau nglamar msh takut ditolak. Bikin blog aja msh amburadul. Msh bingung bikin artikel yang mau diposting. Tq

Kai said...

@yo2k
Note: Blog/situs yg gw bicarain disini adalah blog/situs yang pengen didaptarin ke Google Adsense.

Saran gw, ikutin tips2 diates ;)
Trus bikin blog/situs yg temanya Mas Yo2k kuasain.

Cthnya: Kita pengen bikin blog ttg Adsense, tapi pengetahuan kita masih dikit, otomatis kita pasti bingung mw mosting apa kan? :)

Karena itu, bikin blog/situs yg temanya Mas Yo2k kuasain, insya Allah postingnya bakal lancar, tinggal kemauan aja.

Trus usahain blognya berbahasa bule. :)

En lebih baek lagi, kalo tema blog/situsnya jarang kita liat di internet, sehingga meminimalisir persaingan. Tapi pake yang umum juga gpp sih, asal siap berjuang, cuz mendaki ke puncak tu butuh usaha keras en persisten.

Btw demen yang ijo-ijo juga ya? :D

Anonymous said...

gw udah keterima tapi cuma bisa masang gogole search dooang,,soalnya pake bhasa indo seh kayanya mbah google..

Kai said...

@xavi
masa gak ada adsense for contentnya?

Anonymous said...

Mas, saya sudah pasang 10 artikel bhs bule dan udah daftar ke google adsense, tapi udah seminggu ko belum ada konfirmasi di terima apa di tolak dari pihak google. Apa karena postingan saya cuma copy paste milik orang lain, tolong kasih penjelasannya mas. Makasih.

Anonymous said...

@Setia
Sabar aja dulu om, kasi waktu sebulan dulu. Karena keliatannya sekarang Google agak lama ngasi jawabannya.
Selama sebulan itu, usahain tetep posting en promosi. Kali-kali aja Google lagi ngeliat perkembangan situs ente selama sebulan ke depan..

BeeDiapers said...

mau tanya mas...kalo ada tulisan bX-j1axah waktu add adsense di blog, itu artinya apa ya? o iya, saya jg mau tanya,berapa lama sebenernya saya bisa dapat jawaban diterima atau ditolak, karena sdh 3 hr belum dapat jawaban email dari adsense.

Anonymous said...

@sekarlove
Dari cerita di atas, temen gw setengah bulan baru dibales. Jadi, tunggu aja selama sebulan, karena yg daftar Adsense sekarang makin banyak, sementara Google harus ngecek satu-satu.

Btw biasanya tulisan kayak gitu muncul karena ada kesalahan dari kode adsense (atw kode Javascript) yg dimasukin, jadi coba dicek lagi kodenya.

Btw lagi, koq bisa nge-add adsense? Padahal kan belum diterima?

Anonymous said...

Maaf mas, saya mau nanya kl udah ditolak adsense, bisa daftar lagi gak?

Anonymous said...

sy skrng blm terpikir ke adsense, masih seneng di paidreview....mungkin besok..:)

Kai said...

@Adam
bisa om, yg penting permak situs loe biar lebih visitor-friendly, en kasi konten yg lebih bagus lagi..
lagian tim Adsense kan ada banyak tuh, cara penilaian setiap anggota tim kan pasti beda2, so jangan menyerah..

@nindrianto
gw juga mw nyoba lahan situ.. :D

Anonymous said...

Thx for the sharing gan..

visit back to my site..

http://www.xthweb.co.cc

Get Your IT News Updated There.. ^^

Anonymous said...

kai..., gw ko jadi berkurang semangat ngeblognya yah..., pengunjung seh tiap hari nambah minimal 1 lah..., tapi gw cek GA gw ga nambah-nambah. alias masih $0.00. desperate juga neh lama-lama. pa da yang salah ya?

Anonymous said...

@afdi
nyante aja di.. awal2nya emang gitu.. GA gw setelah 3 bulan tu baru $0.88.. gimana ga stress coba..? tapi bulan-bulan berikutnya melesat.. :D

gosipnya sih, selama 3 bulan pertama tu publisher baru diplonco ama Google. biar kesaring, mana yg emang niat bikin situs, atw mana yg cuma ngincer $-nya doank..

ga ada jalan pintas, semua butuh usaha & waktu.. en salah satu kunci suksesnya adalah persisten..

Anonymous said...

wah pengen ney di terima di adsense pi gue g bisa bisa
dah nyoba 10x lo
salam kenal

santiqiu said...

http://www.iklanqiu.webnode.com no comment cuma numpang promosi.hehehe

Post a Comment