Tahu Saja Tidak Cukup

Friday, January 25, 2008
Menurut loe, apa sich maxud dari judul postingan kali ini?

Hmm.. Maxudnya adalah tahu aja gak cukup sebagai temennya nasi, harus duet sama tempe. Naa, itu baru dua sejoli!

Masalahnya, harga kedele sekarang melonjak drastis gara-gara Si Amerika nan licik itu sengaja ngelambatin kapal yang ngebawa impor kedele dari sono. Otomatis kita harus berpaling ke temennya nasi yang laen, kayak ayam misalnya. Kan loe demen banget ngonsumsi binatang yang satu itu!?


Ah tahu aja loe, klo gw suka banget makan ayam. Tapi, tebakan loe salah besar, bukan itu maxud postingan gw. Yang pengen gw tulis kali ini adalah betapa banyaknya informasi yang kita tahu tentang kesehatan, tapi seberapa banyak sich yang bener-bener kita praktekin?

Cerita ini berawal dari hari minggu malam kemaren. Waktu itu, gw diundang ke kosnya temen gw (nama kos-kosannya "Abu Nawas") untuk menghadiri rapat GIST. Rapatnya dimulai abis isya atawa jam setengah lapan WIBJ (Waktu Indonesia Bagian Jakarta). Karena gw gak pengen lagi tergolong ke dalam kategori manusia jam karet seperti yang udah gw tulis di Resolusi 2008 gw, so gw berangkat jam tujuh kurang dari kos.

Berhubung dari siang gw sibuk ngerjain tugas sampe lupa ama yang namanya maem, sebelon nyampe ke Abu Nawas, gw mampir dulu ke warung resto Padang yang terkenal akan 'porsi kuli'-nya. Ternyata, karena gw datang telat, lauknya udah tinggal sisa-sisa! Ayam bakar paporit gw dah ludes!! Karena sedikit kecewa, akhirnya gw milih makan ati (wah, ambigu nih..).

Pas gw sampe di Abu Nawas, baru ada beberapa anggota GIST yang nongol, termasuk sang wakil ketua, Si MissWar. Karena rapatnya masih lama mulainya, langsung aja gw buka tu bungkusan nasi padang 'porsi kuli'. Harum semerbak langsung membaui udara tatkala nasi padang tersaji di depan gw. Secara otomatis, beberapa pasang mata mulai melirik ke menu dinner gw malam itu. En sesaat kemudian, pemilik-pemilik mata tadi terlihat mulai gelisah, mungkin teringat klo mereka belon makan malam. Bahkan tanpa ba-bi-bu, Si MissWar langsung keluar, nyari something yang bisa ditelen buat ganjal perut. Belakangan dia balik sambil nenteng sebungkus nasi goyeng.

Setelah si MissWar keluar nyari maem, gw mulai nikmatin sesuap demi sesuap nasi yang transit bentar di mulut gw. Loe tahu sendiri kan gimana masakan padang, minyak yang terpancar dari atinya, ditambah santan yang bercampur dalam kuahnya, menjadikan makan malam gw saat itu terasa begitu mewah. (Eh eh!! Iler loe tumpah tu..)

After I finished my luxury dinner, gw negak aer hanya dua gelas. Maklum, ini kan kos orang, jadi gak enak ngambil banyak-banyak. Inilah yang menjadi pangkal masalah alias inti dari posting kali ini.

Sepulangnya dari Abu Nawas, gw ngerasa ada yang gak beres dengan kerongkongan gw. Rasa-rasanya minyak-minyak dari nasi Padang 'porsi kuli' masi nempel di kerongkongan, en aer dua gelas yang gw minum tadi belon cukup buat ngebersihan tu minyak. Gw mulai dapet feeling klo besoknya gw bakal sakit, karena gejala serupa telah terjadi berulang-ulang kali.

Besoknya, hari Senin, feeling gw terbukti, gw terkapar lemah tak berdaya. Yang lebih parah, udah tahu dari semalam klo badan mulai gak beres, eh gw nekat nonton Inter v Parma yang untungnya Inter menang 3-2 lewat dua gol Ibra di menit 88 en 93. Walhasil, gw baru bobo abis Subuh gitu, padahal gw kuliah jam 10.45 ntar. Begitu bangun, jam nunjukin pukul sepuluh, badan gw lemes, mata rasanya bengkak, kerongkongan rasanya pahit, idung meler. Langsung deh, gw SMS temen sekelas gw, Si Ecy, minta tolong dibikini(+n) surat sakit, supaya pas diabsen ma dosen ntar, di nama gw ditulis hurup 'S', en bukan 'A'.

Pertanyaannya: Apa sih yang nyebabin gw sakit?

Gara-gara datang ke rapat GIST!

Ngaco!!

Atau gara-gara Si MissWar beli nasi gorengnya cuma atu?

Makin ngawur aja!! Serius donk!!

Ok ok, pasti gara-gara loe cuma minum dua gelas aer abis makan nasi padang nan berminyak itu.

Yup, awalnya sih gw berpikiran kayak gitu. Tapi setelah gw inget-inget gaya hidup gw selama ini, gw yakin gaya hidup gw lah yang bermasalah. Bayangin aja, akhir-akhir ini gw sering banget bobo diatas jam 12 malam, padahal bang Rhoma udah ngejelasin gimana aturan begadang yang baek dan bener. Trus selama sebulan terakhir ini, gw juga gak pernah lagi olahraga. Wah pokoknya gaya hidup gw udah ngindikasiin klo gw bakal mati muda. Sakit emang gak pernah enak ya..

Supaya kejadian yang gw alami gak menular ke loe-loe semua, coba deh kita mulai jujur ma diri sendiri. Gw ambil contoh nih, berapa banyak sih dari kita yang tahu klo olahraga itu penting bagi kesehatan? Trus berapa banyak yang olahraga rutin setiap hari? Ataw setidaknya tiga kali seminggu? Gw ngerasain klo olahraga en istirahat yang cukup adalah kepingan yang hilang dari hidup gw selama ini. Padahal, kampus gw, STIS, dah ngadain senam, basket, futsal, badminton, en many more setiap jumat pagi, seminggu sekali. Itupun gw males banget mampir kesana.

Efek dari gak pernah lagi jarang berolahraga, selaen ketahanan tubuh yang menurun, gw juga harus ngelupain cita-cita gw punya body kayak aktor laga Hollywood, Jean Claude Van Damme. Gak ada yang namanya six packs, yang ada hanyalah one pack yang merupakan bagian tubuh terdepan gw saat ini. Bahkan klo ada lomba lari, en gw finish barengan ma peserta laen, gw yakin perut gw lah yang bikin gw menang, cuz bagian tubuh yang satu itu yang duluan nyentuh finish.

Fenomena yang sedang terjadi saat ini, termasuk yang sedang gw alamin sekarang, adalah klo sebenarnya kita tahu apa-apa aja faktor yang mempengaruhi kesehatan, termasuk olahraga en istirahat yang cukup. Tapi faktanya tahu aja gak cukup! Perlu adanya realisasi dari masing-masing pribadi kita untuk ngebuktiin bahwa kita peduli ama kesehatan tubuh kita.

Dokter bukanlah malaikat penyelamat yang bisa manjangin umur kita. Mereka hanyalah tempat kita berkeluh kisah kala sakit mendera. En mereka hanya bisa ngambil tindakan yang mereka yakini benar, yang menurut gw hanya sekitar 50% bisa nyembuhin penyakit kita. So sepertinya kita harus ngeja ulang kata-kata bijak ini:
Mencegah lebih baik dari mengobati

Change our lifestyle, change our bad habits!!

3 comments:

Anonymous said...

ya..ya..ya..
maka-a begadang itu kalo ada perlu-a aja bang!! *nyanyi2*

btw, drpda si tahu..
dt mah lbh suka makan tempe tuh.. :D
*gak ada yg nanya yah?? he5x..*

Anonymous said...

ha ha ha ..
inter menang kontroversial... :P

btw, si ecy itu ecy yg laen ya? koq bisa minta bantu ama dia? ga' ada yg laen? :D

Kai said...

@deetha
tempe lagi mahal...
btw abg sih gk pilih2 kasih, klo ada dua2nya abg embat

@akhyar
tapi si Couto ngaku koq klo dia mw nyundul bolanya, eh malah kena tangannya

Post a Comment