2007's Memory Of The Year

Sunday, January 6, 2008
Happee New Year 2008!!

Gak terasa taon 2007 udah berlalu, n segala cerita yang pernah datang kini telah membekas di belakang, yang ada hanya kenangan..
(Wuihh.. I'm ready for berbalas-pantun coompetition!)

Selama taon 2007, gw dah ngedapetin pengalaman hidup yang gk bisa gw lupain. Bulan Maret, sekali seumur hidup, gw ngejalanin yg namanya PKL (Praktek Kerja Lapangan) atawa KKN (ini mungkin lebih familiar)..

Hidup selama dua minggu di Pacitan, sebuah kota kecil di Jawa Timur, bener-bener penuh dengan ketegangan sekaligus kedamaian. Koq bisa bertolak belakang gitu? Gw tegang karena gw kesana dalam status PKL, tentu saja ada beban kerja yang harus ditanggung. Sedangkan, kedamaian hadir dalam sosok keramahan warga Pacitan itu sendiri dalam menyambut pendatang baru yang sesungguhnya gak mereka kenal.

Gw malah dah mulai mikir untuk ngenominasiin Pacitan untuk ngerebut gelar "Kota Teraman Di Dunia". Koq bisa-bisanya gw ngomong kayak gitu? Tentu ada alasannya bro!

1. Yang pertama adalah angka kriminalitas yang memang sangat rendah di Pacitan. Selama dua minggu gw disana, hampir gk pernah gw denger yang namanya perampokan, pencurian, atw bahkan perkelahian, apalagi saling cucuk hidung! Yang ada hanyalah pelanggaran-pelanggaran ringan yang entah kenapa melibatkan kami-kami ini yg datang dari Jakarta. Contohnya Si Y yang disapa polisi karena mbawa motornya ke arah yang berlawanan di jalan satu arah (Wekz!), trus si R yang nyerempet pengendara sepeda, lagi-lagi dengan motor!
(Demi kerahasiaan, nama-nama para tersangka gk gw publikasiin, daripada ntar mereka berurusan dengan pihak berwajib!)

2. Alasan kedua adalah karena dua contoh kasus berikut ini. Si A ninggalin motor pinjeman di pasar n lupa nyabut kunci, parahnya itu terjadi dua kali! Berita baeknya, dia pulang dari pasar dengan menggunakan motor yang sama.
Kasus kedua, gw bareng 8 orang temen, cabut dari Pacitan ke Jogja dengan mobil travel alias L300. Ongkos per orangnya adalah 50 ribu, jadi berapa ongkos yang harus kami bayar? 450 ribu. Pinter! Satu jam setelah kami sampe di Jogja, temen gw, Si R, baru nyadar klo dompetnya ilang! Gawatnya lagi, dalam tu dompet, ada uang sejumlah 500 rebu!
Kami cuma bisa ngasumsiin klo tu dompet ketinggalan di mobil... You know what? Sejam kemudian, sebuah mobil L300 muncul di depan kami. Supirnya turun n ngembaliin dompet punya Si R yang ketinggalan... Kata Si Supir, dia dah nyampe di Wonosari (sejam perjalanan dari Jogja) waktu nemuin tu dompet, ya dia langsung mutusin untuk balik lagi ke Jogja buat ngembaliin tu dompet ke yang punya. Padahal tu dompet isinya lebih banyak daripada total ongkos yang kami bayarin! Setelah ngembaliin tu dompet, Si Supir bersama L300-nya balik lagi ke Pacitan. Si R-yang dompetnya ilang-tercengang sampe gak tw harus ngapain. Gw cuma bisa ternganga...
(Demi kerahasiaan, nama dua orang geblek di atas gk gw publikasiin, daripada ntar mereka ngamuk-ngamuk ke gw, he he..)

Well, it shocked surprised me! Gw gak nyangka masih ada sebuah kota yang masyarakatnya masih menyanjung tinggi kejujuran n sekaligus ngamalin nilai-nilai kejujuran itu sendiri. Gw yakin kota Pacitan, merupakan sisa-sisa kebudayaan timur yang belum terkontaminasi pengaruh kebudayaan barat.

Gw yakin memori ini gk bakal bisa gw lupain, sebuah cerita yang hadir di awal Maret 2007.

0 comments:

Post a Comment