Seminar & DN (bag 4)

Monday, September 22, 2008
Bagian terakhir dari tiga bagian sebelumnya.

Normalnya, kegiatan Dies Natalis langsung berakhir seiring acara puncak di Kampus (2 Agustus 2008). Tapi tahun ini beda. Berhubung ini perayaan ultahnya STIS yang ke-50, maka diadain acara puncak sekali lagi di hotel Red Top tanggal 7 Agustus. Acara ini bakal dihadiri oleh seluruh pejabat BPS, gak hanya pejabat di BPS Pusat doank, tapi juga dihadiri oleh kepala BPS Kabupaten di seluruh Indonesia. Dalam acara ini, juga diadain peluncuran buku yang isinya mengenai perjalanan STIS selama setengah abad. Gw lupa judulnya.. :D
(dah nyoba nyari di Google, tapi gak nemu)

Dalam acara puncak, bakal ditampilin dua penampilan daerah. En penampilan daerah yang mendapat kehormatan tampil adalah persembahan dari Aceh en Papua. Otomatis, ini bikin kita kalang kabut, karena ini bener-bener surprise bagi anak-anak Aceh. Malam dapet infonya, langsung para anggota GIST (Gam-Inong STis) ngadain rapat. Hasilnya, yang bakal nari ntar cuma 9 orang, karena 5 orang kebentur ma jadwal kuliah.

Hari H. Pas jam 3, panitia, penari Aceh, en Excelsior (paduan suara STIS) udah diberangkat ke lokasi. Sampe disana, kami malah terlantar, karena ruang tempat acara puncak DN STIS diadain masih dipake untuk rapat kerja para pejabat BPS. Abis maghrib, kami semua dikumpulin di sebuah kamar di lantai... (Gw lupa, kalo bukan lantai 11 berarti lantai 14) bwt ganti kostum.

Red Top DN STIS
Penjaga Parkiran Red Top


Kostum kali ini berbeda dari biasanya, karena ada bantuan finansial bagi para penampil, kami minjem baju ke UKA (Unit Kebudayaan Aceh) ITB. So, kali ini kami pake baju khusus bwt nari yang lebih ngejreng dari sekedar kaos lengan panjang warna putih en merah. Gw ngerasain grogi banget nampil di depan banyak pejabat BPS. Apalagi kami harus nunggu setengah jam lebih di ruangan kecil di sebelah ballroom.

Pas giliran kami nampil, jantung gw serasa mw keluar lewat mulut. Gw jalan dari pinggir ke atas panggung dengan lutut yang bergetar. Gw bener-bener nervous banget. Saking groginya, luka hasil latian nari di kedua lutut gw nyaris gak berasa. Saraf pengantar rasa sakit gw mungkin udah dilumpuhin ama saraf pengantar rasa grogi!

Ketika tari Rampoe dimulai, gw berusaha berkonsentrasi penuh. Gw bisa ngejalanin 3 gerakan awal dengan baik. Tapi pas jeda sejenak sebelum masuk gerakan ke-4, gw lupa harus ngarahin tangan gw kemana, ke kiri atau ke kanan? Pas Si Mawarzi alias Syekh mulai nyanyiin, "Hai aneuk bagu bagu raha." Gw langsung mutusin kemana tangan gw harus bergerak.

Tangan gw udah mulai bergerak ke kiri, saat gw ngeliat tangan si Ibal dan yang lainnya yang ada di sebeleh kiri gw, malah mengarah ke kanan. Semmm!! Koq bisa-bisanya, di event penting kayak gini, gw bikin kesalahan konyol!?

Pengalaman sebagai penari selama empat tahun berturut-turutlah yang nyelamatin gw dari objek hinaan temen-temen sekelas besoknya. Dalam waktu sepersekian detik, gw berhasil menarik tangan gw, en ngebelokin tangan gw ke arah kanan! Emang gerakannya gak sempurna, tapi setelah itu gw bisa nyesuain. Ketegangan belum usai karena dampak karena kesalahan kecil itu, ngehantui gw selama beberapa gerakan berikutnya. Gara-gara mikirin kejadian itu, gw jadi ekstra tegang en susah fokus. Padahal gw masih di atas panggung en masih nari!

Para penari adalah para seniman yang tugasnya menghibur. Karena itu, kami wajib menari dengan senyum yang tersungging di bibir. Tapi gw ragu, apakah saat itu gw menari dengan senyum atw malah dengan wajah horor. Rasanya sih, gw nari dengan wajah pucat yang dipaksain bwt senyum. Yah, bayangin aja gimana...

Alasan kenapa gw pucat adalah karena gw masih mikirin kesalahan kecil yg gw lakuin pas gerakan ke-4. Ntah napa, gw kepikiran terus ama tangan gw yang bergerak ke kiri tadi, en itu ngebebanin gw lebih parah dari biasanya. Padahal seorang penari tu harus bisa menikmati tariannya.

Barulah pas gerakan ke-8, gw maksain untuk gak mikirin kesalahan yang gw bwt sebelumnya, en berusaha lebih fokus ke gerakan yang sedang gw lakuin. Hal ini berdampak positif, karena gw jadi lebih rileks en mulai bisa bernyanyi seperti biasanya. Setelah itu, gak ada masalah lagi sampe akhirnya kami turun dari panggung diiringi oleh applause dari hadirin.

Setelah turun dari panggung, semua anak GIST diajak ketemuan ama kepala-kepala BPS Propinsi en Kabupaten dari Aceh. Kami ditraktirin di warung pinggir jalan di depan Red Top. Sampe akhir acara, kami gak masuk-masuk lagi bwt nonton acara puncak, sibuk ngunyah di warung depan. Isi warung kami ganyang sampe mereka keabisan stok. Dahsyat!

Pas abis acara, barulah kami kembali ke ballroom. Bukan bwt ngebersihin, tapi bwt poto-poto! Narcism is on action! Abis tu kami balek ke kamar di lantai 11 or 14 bwt ganti baju. Jam 11 malam, bus yang membawa kami, berangkat kembali ke Otista. Gw nyampe di kos jam 12 lewat.

En berakhirlah cerita tentang Dies Natalis STIS ke-50.

3 comments:

Anonymous said...

kok tulisan awalnya amburadul sih

Anonymous said...

ck..ck..ck..
ampe dibuat 4 bagian gini..
bnr2 long story yah??!

eh, majang foto jg t'nyata.. :D

Anonymous said...

@Gelan
Bagian mana? **nyari-nyari..**

@dEEt
yoho.. btw koq dah jarang ngepost dEEt? sibuk yah?

Post a Comment