Pengalaman Internet via Axis

Tuesday, September 23, 2008
Setelah berakhirnya promo Axis yang luar biasa murah itu. Sekarang tarif internet via GPRS kembali normal, dengan kata lain, mahal. Tarif internet Axis adalah Rp. 0,7/Kb sedangkan IM3 adalah Rp. 1/Kb. Kalo diliat sekilas emang lebih murah Axis, tapi dengan adanya fasilitas "copet" dan "DTT" (Diskonek-Tiba-Tiba), tarif Axis jadi lebih mahal dari IM3.

Gw sendiri sih hampir gak pernah kecopetan. Yang paling sering gw alamin tu DTT. Gawatnya, sekali DTT, pulsa kepotong Rp. 350, seharga SMS biasa (tiba-tiba jadi ingat ama Chat n Date). Sepuluh kali DTT, maka ilanglah harta kita sebesar 3500 rupiah. Kemungkinan besar, penyebab DTT adalah overlimit or overbandwith, terlalu banyak pelanggan yang mengakses pada saat yg bersamaan. Jadi harus ada yg ditendang.

Dari pengalaman gw, gw bisa ngenyimpulin waktu-waktu yang rawan DTT.

1. Jumat jam 16.00 hingga Minggu jam 16.00
Gw saranin untuk ngehindarin pemakaian internet Axis di waktu ini. Gw ngalamin DTT tiap satu menit sekali. Edun tenan! Tiap menit gw ilang 350! Logikanya, ini disebabkan oleh libur weekend yang mancing orang bwt ngakses internet. Gw pernah ngenet Minggu malam via Axis, en koneksinya gak putus-putus, mungkin karena orang-orang pada istirahat en nyiapin diri bwt the famous "I hate Monday".

2. Senen-Kamis, jam 18.00-21.00
Emang frekuensi DTT gak sesering pas weekend, tapi tetep aja sesekali DTT. Logikanya mungkin karena orang pulang kerja kali ya?

3. Tiap hari, jam 04.00-05.00
Entah kenapa pas jam segini selalu ada DTT minimal sekali. Gw gak bisa ngejelasin fenomena ini.

Diluar jam diatas, Axis aman untuk digunain. Tapi gw gak bisa menjamin kalo diluar jam-jam diatas adalah waktu bebas DTT. Sesekali mungkin loe bakal kena DTT. Tapi yang jelas frekuensinya lebih kecil dari tiga waktu rawan. Ini berdasarkan pengalaman gw pribadi sebagai pengguna Axis.

Kalo masalah copet, mungkin itu karena kurang hati-hati. Banyak yang protes karena baru ngakses bentar, tiba-tiba pulsanya kesedot ampe abis. Gw saranin supaya loe selalu memonitor jumlah Kb hasil pertukaran data.

Gw sendiri selalu memonitor pertukaran data dengan tools SE Mobile Networking Wizard, bawaannya PC Suite Sony Ericsson. Disitu bisa keliatan berapa bytes yang udah dikirim (sent) en berapa bytes yang udah loe terima (received).

Gw pernah browsing biasa, en pas terakhir gw ngecek, gw udah nerima sekitar 1,6 MB. Abis tu gw nyalain YM. Lima menit, abis gw nyalain YM, gw ngecek lagi. Received-nya tiba-tiba jadi 6 MB (kalo dirupiahin pake kurs Axis, jadinya 4300)! Gak logis banget. Abis gw matiin YM, pertambahan received-nya jadi normal lagi. Gw langsung nyimpulin kalo YM nyedot data lumayan banyak. En ini bukan terjadi sekali, tapi berkali-kali. Temen gw juga ngerasain hal yg sama. Pulsa yang kesedot lumayan banyak pas nyalain YM.

Selaen itu, bisa juga ada program di komp loe yang auto-update-nya nyala. Contohnya Norton Antivirus. Setelah ngenet 15 menitan, tiba-tiba aja muncul pesan yang isinya kalo dia udah terupdate. Untungnya bytes yang disedot Norton, biasanya dibawah 1 MB, so gw ngebiarin dia ngupdate sendiri. Tapi bagaimana dengan program-program yg laen, yang mungkin selingkuh tanpa sepengetahuan kita? Haruskah kita laporkan ke KUA?

So, sekali lagi, akan lebih aman kalo loe selalu ngecek jumlah Kb hasil pertukaran data.

Gw rencananya mw nyoba ngenet via IM3 selama mudik, cuz Axis belum ngelebarin sayap ke Aceh. Dari temen gw, Si Andy, gw dapet info kalo IM3 sekarang sering RTE (Run-Time Error) alias koneksi lemot banget sehingga waktu yang disediain browser utk ngebuka satu page abis. Gawat juga sebenarnya. Tapi gpp, setidaknya gw ada pengalaman pake IM3. Mana tw ada yang bisa gw share ntar.

Btw kalo ada temen-temen yang pengen ngeshare pengalamannya ngenet pake AXIS atw IM3, atw malah SIMPati!? Silakan aja, jangan malu-malu. Anggap aja ini blognya Si Kai... :D

9 comments:

Anonymous said...

Saya gak ada pengalaman sama sekali ngenet pake GSM sih

Anonymous said...

Kemaren akhirnya udah nyoba pake axiz. Kok mUahal tenan yo? Iya c, kena DTT. BErhubung baru sekali, nggak gitu merhatiin masalah pertukaran data gitu. Kayanya ludesnya, lebih cenderung karena DTT itu tadi. Waktu itu, sekitar jam 11malem. Cepet sih awal2nya. Tapi ya itu, tiba2 abisssss....

Nnnah, pas pake mentari,juga gitu, awalnya murah, Tapi akhir2nya kok ludes juga pulsaku. Waktu itu cuma buat posting ajah. T_T padahal mentari ma M3 sama kan ya? Rp 1/kb?

Anonymous said...

@Anthony
Uh jadi pengen masang Speedy juga..

@Fannie
gambarnya dinyalain kali? Kekurangan ngenet GSM ya ini, kalo mw murah, "show pictures"-nya harus dimatiin..

Welly said...

internetan pake GSM mahal mas, mending pk Speedy ato yang lain aja..

Anonymous said...

@Welly
Emang sih. Gw pake GSM krn gak tiap hari onlen. Prioritas gw masi ke skripsi dulu.

Anonymous said...

Udah ada yang nyoba pake starone..
kalo aku selalu pake starone.. bisa di set ke time based.. Rp 75/menit.. lumayanlah buat orang paling bokek sedunia kayak aku nih... hehehehehe

Anonymous said...

Pakai im3 internet di hp menggunakan opera mini sip dah. Dengan opera mini bisa di setting mobile view jadi lebih irit ngenetnya.

Anonymous said...

yup, ngenet via opera mini emang jauh lebih hemat.. :D

michael s said...

Axis pake gprs sih parah, waktu itu beli 20000, habis dalam waktu 2 hari tanpa banyak browsing.
parah memang axis...
walaupun sinyalnya cukup bagus tapi harganya bukan 0,7 / kb tuh.(cuma tulisannya doank, perasaan makenya mahal banget)

Kalau pake im3 1rp per kb, malah lebih irit, tapi di jakarta pusat koneksi im3 parah lemot banget, seringnya malah ga konek...

selama ini paling bagus di jakpus itu telkomsel flash, beli 20,000 dapet 35 mega.
pulsanya abisnya lama juga.
jauh lebih irit dibanding axis.

Post a Comment