Seminar & DN (bag 3)

Sunday, September 21, 2008
Bagian ketiga dari dua cerita sebelumnya:
Bagian 1
Bagian 2

Abis berusaha maksimal di seleksi penampilan daerah en seleksi band. Gw en temen-temen tinggal nunggu pengumuman aja. En besoknya hasil seleksi penampilan daerah langsung keluar. Kami nampil di DN bersama belasan penampilan daerah lainnya. Beberapa jam kemudian, gw langsung nerima sms jarkom yang berisi pengumuman lolos seleksi en jadwal latian.

Beberapa hari kemudian, pengumuman seleksi band akhirnya keluar. And you know what? Band kami jadi runner-up! Which means we're gonna rock the stage! Hasil ini bener-bener surprise, karena dari belasan band yang ngikut seleksi cuma jawara en runner-up yang bisa nampil di DN!

Karena gw terseret dalam dua kepentingan yang berbeda, terpaksa deh harus pinter-pinter ngelobby en ngatur jadwal supaya gak ada pihak-pihak yang merasa dirugikan. Tanggal 1 Agustus malem (sehari sebelum DN), gw terpaksa ga bisa ngebantu anak-anak Aceh bangun stand daerah, karena bentrok ama jadwal latian band. Latiannya malah berlangsung lebih lama dari seharusnya, karena kami dapet tugas ekstra dari panitia untuk ngelayanin request lagu dari petinggi BPS en petinggi kampus besoknya. Untuk itu, kami dikasi list lagu-lagu jadul yang bakal direquest, isinya Kisah Kasih Di Sekolah, Manis dan Sayang, Panggung Sandiwara, Hujan Gerimis, Nonton Bioskop dll. Karena beberapa dari lagu-lagu tersebut (mungkin) populer ketika kami masih belajar merangkak, so kami juga harus merangkak untuk mencari tw gimana lirik en nada dari lagu tersebut. Akhirnya latian berlangsung terus seiring pembangunan stand di halaman kampus, en baru selesai pas midnight.

Tepat pukul 8 pagi, 2 Agustus 2008, acara Dies Natalis STIS ke-50 dibuka dengan kedatangan pejabat tinggi BPS yang disambut dengan tari piring. Saat itu, pikiran gw lospokus karena sibuk mikirin jadwal yang baru gw liat dari panitia, band gw nampil tepat sehabis gw nari. Buset. Gw serasa dicemplungin ke kali Ciliwung yang penuh dengan segala macem "limbah".

Akhirnya gw mutusin utk ngejalanin apa adanya, walo sempat muncul ide pake topeng pas nyanyi. Gw nari dengan enerjik pas giliran penampilan daerah dari Aceh sekitar pukul 10. Seperti biasa, penonton sangat "menikmati" kesalahan-kesalahan yg kami buat. Mereka puas tertawa. Begitu abis nari, dengan napas yg masi ngos-ngosan, gw buru-buru ngeganti kostum di belakang panggung dengan dress code band gw, kemeja berdasi.

Yang paling gw takutin kalo ngeband tu adalah kalo gw gak bisa ngatur napas pas nyanyi. Untungnya panitia sedikit pengertian dengan jadwal yang bagi gw gak berperikemanusiaan yang adil dan beradab (koq jadi Pancasila?), mereka ngulur-ngulur waktu dengan ngasi kuis, yang sedikit ngebantu gw buat ngembaliin napas gw yang ngos-ngosan ke kondisi normal.

Ternyata, yang namanya musibah, walo udah berusaha dicegah dengan segala macem cara, tetep aja datang. Dimulai dengan request dari kepala BPS, yang minta lagunya D'Massive. Blerr. Capek-capek kita nyiapin lagu-lagu jadul ampe tengah malam, yang direquest malah yg laen. Tapi anak-anak tetep berusaha nampilin yang terbaik meski jauh dari "Cinta Ini Membunuhku" yang sebenarnya. Yang penting berusaha senyum Pepsodent. Abis tu giliran gw yang pegang mic, band gw --Dreamweaver-- ngebawain lagu "Rumah Kita" yang nadanya lumayan tinggi. Waktu latian, gw enjoy-enjoy aja ngenyanyiin tu lagu. Pas nampil, gitar yang dipegang Si Andy suaranya pales, trus stem alatnya diatas normal. So, gw langsung pucat ditengah lagu, karena nyadar suara gw gak bakal nyampe di ujung lagu yang nadanya lumayan tinggi. Alhasil teriakan "huuu" terdengar di akhir lagu. Tragis.

Abis turun dari panggung, temen-temen gw langsung ngurung diri di ruang kuliah di belakang panggung. Suasananya suram. Bernapas aja susah. Mereka down banget. Cuma gw doank yang keliatannya lebih rileks. Mungkin karena gw mewarisi gen badak di muka gw (muka tebel). Si Andy, Ocom, en Mupti sibuk memprotes alat sewaan yang kualitasnya gak seperti yang diharapkan. Si Afdi ngebela gw dengan nyebutin kalimat, "ini membunuh vokalis, namanya!" Emang sih, kalo ngeband tu, yang paling menonjol adalah vokalis, kalo gw bikin salah, so penampilan band secara keseluruhan juga bakal dicap jelek. Ya mw gimana lagi, mw dipaksain juga, dengan nada setinggi itu, suara gw gak bakal nyampe.. kecuali ada yang mw inisiatip nyewain suara Candil Seurieus bwt gw pake selama 15 menit aja.

Gw keluar duluan, karena gak mw berlarut-larut dalam kesedihan en kekecewaan. Gw cabut ke stand NAD, yang lagi sibuk ngelayanin pembeli. Gak usah ditanya berapa banyak pertanyaan koq-penampilan-kalian-hancur-gitu yang mampir ke telinga gw. Gw menjawab seadanya, en kadang berusaha gak ngejawab sama sekali. Tapi beberapa menit kemudian, gw udah disibukin ama aktivitas wisata kuliner. Keuntungan dari DN adalah tersedianya berbagai macam makanan yang dijajain oleh stand-stand daerah dari nyaris seluruh Propinsi di Indonesia dengan harga mahasiswa. Gw gak inget apa aja nama-nama makanannya, yang penting mulut gw ngunyah. Bersama para "pemburu", kami beralih dari satu stand ke stand yang laen.

Abis dzuhur, gw janjian ama anak-anak Dreamweaver di studio band kampus. Kami mutusin untuk ngebawa alat sendiri ke panggung ntar. Daripada alatnya fals atw stemnya ketinggian, kami milih maen aman. Jam 2, gw dapet call dari panitia yg ngasi tw bahwa kami nampil sebentar lagi, padahal jadwalnya tu masih sejam lagi. Yang pertama gw lakuin adalah nelpon Si Ocom yg lagi makan di warteg, nyuruh dia nyelesain lunch-nya secepat mungkin. Abis tu kami berempat nurunin alat ke belakang panggung.

Kami nervous banget bakal ngegantiin band juara seleksi --Alzheimer-- yang penampilannya menghanyutkan penonton. Mereka berhasil menghipnotis penonton dengan lagu-lagu yang mereka bawa. Untungnya Si Ibal, vokalisnya Alzheimer, gak mancing penonton dengan ajakan, "Bakar Kampus!!" Kalo itu terjadi, maka kampus STIS bakal tinggal puing-puing doang.

Pas giliran kami, penonton agak sedikit kecewa karena Alzheimer kami "paksa" untuk turun. Tapi itu cuma sebentar, bermodal medley "J-Rocks - Cobalah Kau Mengerti" en "The Changcuters - I Love You, Bibeh", penonton langsung ikut goyang bareng kami. Gw malah rencanain untuk ngelompat ke atas kerumunan penonton yang sesak di depan panggung, tapi gw batalin karena gw tw gak bakal ada yang nangkepin gw ntar.

Di jadwal, sebenarnya kami dikontrak untuk ngebawain satu lagu medley itu, tapi penonton pada teriak, "Lagi! Lagi! Lagi!" Kami gak punya pilihan laen kecuali ngelanjutin performance kami. Lagian kami masi punya banyak stok lagu jadul yang gak jadi direquest ama petinggi BPS pas paginya. Sayangnya, baru aja mulai intro "Anak Sekolah", azan Ashar udah berkumandang. So aksi kami cuma sampe disitu aja karena abis tu panggung en stand daerah dibongkar. Tapi setidaknya penampilan sore tadi bisa ngobatin kekecewaan kami ama penampilan pas pagi. Abis ngembaliin alat ke studio band kampus, gw nyamperin anak-anak Dreamweaver satu-satu bwt ngucapin thanks karena bisa aja ini jadi penampilan kami yang terakhir kalinya setelah tiga tahun ngeband bareng. Abis tu gw bantu-bantu anak Aceh ngebongkar stand.

Lanjut ke bagian empat (bagian terakhir).

2 comments:

Anonymous said...

jd runner up jg toh??!

koQ bs yah??? :D

Anonymous said...

@deet
skill donk!

**ngetik komen pake kacamata item**

Post a Comment