Selamat Tinggal Gmail Beta

Wednesday, July 8, 2009
Lima taun setelah launching perdananya, akhirnya Gmail menanggalkan embel-embel "Beta" di namanya. Bukan berarti sekarang orang Maluku gak boleh lagi ngegunain Gmail. Tapi ini artinya Google udah ngeluarin versi final dari Gmail.

Apa sih bedanya versi final ama versi beta?

Setau gw sih ga ada bedanya. Karena Google cuman nyopot huruf B-E-T-A dari logo Gmail doank. Mungkin Google bosen denger orang-orang pada protes, koq Gmail masih beta? Padahal dah ada fitur chat yang terintegrasi, teknologi anti spam yang keren abis (belom pernah ngecewain gw), bisa digunain dalam 53 bahasa, fitur POP, auto forwarding, en segala macem fitur lainnya yang ga mungkin gw sebutin satu-satu, karena mulut gw dah pegel. (Lha, emangnya ngetik pake mulut?)

Mungkin itulah yang bikin Google ngeluarin versi "final" dari Gmail. So, sekarang loe bisa ngegunain Gmail en mandangin sepuas-puasnya logo Gmail yang baru, yang tanpa "Beta"..

Tapi kalo, loe merasa resah dan gelisah menunggu di sini karena ga nyaman atw ga terbiasa ngeliatin logo Gmail yang polos, sehingga bikin loe panuan. Jangan khawatir! Loe tetep bisa ngegunain logo Gmail Beta koq.

Caranya, klik Settings yang terletak di area kanan atas. Abis tu, pilih tab Labs. Trus, loe scroll ke bawah sampe loe nemu tulisan "Back to Beta". Then klik Enable. Jangan lupa di-save.

Btw Back to Beta kalo diartiin koq rada-rada gak enak gitu ya? "Kembali ke Beta." Serasa gimana gituh.. Hii..

Anyway, mari kita ucapkan selamat datang pada versi "final" dari Gmail. Semoga terus jadi yang nomor satu di dunia per-email-an, en semoga Gmail Labs terus menghasilkan fitur-fitur yang yahud punya. Lanjutkan!! :D

0 comments:

Post a Comment