The New Guy

Saturday, March 8, 2008
Episode 1 dari Sebuah Trilogi


Selama dua minggu terakhir ini, ada perubahan besar dalam komposisi kamar gw. Terhitung sejak tanggal 24 Februari pukul 21.00 WIB yang lalu, penghuni kamar gw jadi dua orang yaitu gw (Si Kai) en the new guy, Si Romi. Sosok yang terakhir ini sengaja bela-belain magang di RS Fatmawati supaya jadi penghuni Jakarta selama sebulan.

Ok, gw ceritain sekilas riwayat hidup makhluk yang satu ini. Nama lengkapnya adalah Romi Achmadi, lahir di Kuala Simpang sekitar 23 taon yang lalu. Buat loe-loe yang belon tw, Kuala Simpang tu adalah sebuah kota di kabupaten Aceh Tamiang. Dia menghabiskan SDnya di Kuala Simpang, trus SMPnya di Pesantren Bustanul Ulum, trus SMUnya bareng ma gw di SMU Modal Bangsa, Cot Gendreut, Aceh Besar. Pria yang satu ini lalu ngelanjutin pendidikannya di USU, jurusan Farmasi, dan selesai dalam waktu 5 tahun, tentu saja tidak Cum Laude. Berikutnya dia ngambil kuliah keprofesian (atau kayak gitulah namanya) dan diharuskan magang. Dia memilih magang di Jakarta, en sampailah anak ini ke ibukota Indonesia.

Perjalanannya ke Jakarta penuh dengan rintangan bukit berduri dan semak belukar. Bayangin aja, tiket pesawatnya tu naek Air Asia jam 8.40, tapi sampenya di Jakarta baru jam 16.00. Weleh-weleh, ngapain aja tu pesawat? Ke Mall dulu?
Usut punya usut ternyata, pesawat dengan tepat waktu lepas landas sekitar jam 9an. Sebelum pesawat mengudara, pramugarinya terlebih dahulu memeragakan panduan keselamatan di udara.
(halah!? Ngapain juga diceritain? Nenek-nenek juga tw!)
Setelah setengah jam perjalanan (ini versi Si Romi, mungkin versi pilotnya beda), pesawat mutusin balek ke Bandara Internasional Polonia karena kerusakan mesin. Karena mw diperbaiki, penumpangnya disuruh turun ke Waiting Room. Jam 11.30an (seinget gw), Romi kembali naek ke pesawat, setelah semuanya siap, pramugari kembali memeragakan panduan keselamatan di udara. Tapi, sebelum sempat take-off (buat loe, yang Englishnya cekak, ni artinya "lepas landas") pesawat muter balek ke bandara. En penumpangnya turun lagi ke Waiting Room. Menurut Si Romi, beberapa penumpang terlihat marah-marah, malah ada beberapa yang mutusin ngebatalin perjalanannya dengan Air Asia. Jam 2 kurang dikit, para penumpang kembali diminta naek ke pesawat, dan setelah itu pramugari untuk ketiga kalinya memeragakan panduan keselamatan di udara. Untungnya pesawat gak balek lagi, en nyampe dengan selamat di Selat Sunda Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Selama beberapa hari, Si Romi kerjanya bobo mulu di kamar gw, karena gw harus kuliah, padahal dia harus ngelapor ke RS Fatmawati. Berhubung gw kuliahnya ngejar tayang terus, so gw baru bisa nganterin dia ke sana lima hari kemudian. Berbekal ngeliat peta Jakarta taon 2004 di laptop en informasi berantai yang ga jelas sumbernya, dengan mantap kami menaiki Kopaja 612 yang menurut info dari Si HendraS (yang ternyata dapet dari temennya) lewat di depan Citos. Sekedar info, Citos tu singkatan gaul dari Cilandak Town Square, yang lokasinya (menurut peta taon 2004 bikinan orang Jerman) dekat dengan RS Fatmawati.

Ternyata perjalanannya memakan waktu yang cukup lama. Lewat sejam, gw dah gak tw lagi dimana lokasi gw. Saat itu, setiap detik yang mengalir semakin ngelunturin rasa percaya gw terhadap kata-kata Si HendraS, "kata kawanku 612 tu lewat Citos."
Tapi berhubung Si HendraS tu masih kami anggap temen, so kami telan mentah-mentah aja semua yang dia bilang. Tapi rasa percaya itu cuma bertahan hingga kami sadar bahwa penumpang Kopaja tu tinggal kami berdua.

Akhirnya gw beranikan diri nanya ke kernek Kopaja, "klo mw ke Citos, turun dimana ya bang?"
"Citos? Harusnya turun di perempatan yang gede tadi."
Great!!! Siapa bilang 612 lewat Citos!? Ada dua kalimat terkenal yang cocok bwt ngaplikasiin kondisi saat itu. Yang pertama adalah pepatah: "malu bertanya, jalan-jalan." Yang kedua adalah ayat Al-Quran: "Bila suatu urusan (road to Citos) diserahkan kepada yang bukan ahlinya (Si HendraS), maka tunggulah kehancurannya (nasib gw en Si Romi)!"

Setelah dapet informasi yang "benar", kami langsung turun dari Kopaja, trus nanya lagi ke orang di sekitar sono (gw ga tw nama daerah itu). Sesuai petunjuk dari satpam Cilandak Mall, kami ngelanjutin perjalanan en luckily setengah jam kemudian nyampe di RS Fatmawati setelah dua kali ganti angkot.

Sorenya, setelah urusan administrasi Si Romi dengan pihak RS beres, kami langsung cabut ke kos gw di Otista dalam guyuran tetesan hujan rintik-rintik. Karena jalur perjalanan udah teridentifikasi, so pulangnya gak ada masalah, cuma Si Romi aja yang masih bingung arah.

Pas pulangnya, kami naek Kopaja 612 lagi, en kebetulan ada grup ngamen yang lumayan keren, lengkap dengan gitar, perkusi, plus biola!! Wah jarang-jarang nih. Mereka ngebawain 'Kisah Tak Sempurna'-nya Samsons en 'Jujur'-nya Radja. Dua lagu yang menurut gw bertolak belakang. Lagi asik enjoy dengerin lagu, di sela-sela pengamennya, datang seseorang yang minta duit, sebut saja Si X. Karena Si Romi gak ada recehan, jadi dia ngangkat tangan yang berarti maaf. Gw juga, bukan karena pelit, tapi saat itu emang gak ada recehan (Suer!!), ngikut gerakan tangan Si Romi. Eh Si X malah maksa! Uh, gw kecut juga, jangan-jangan yang ngamen ni gerombolan preman. Muka Si X yang tadinya gak keliatan, sekarang nongol si sela-sela ketiak personil Ngamen Band dengan raut wajah yang agak bingung. Ujung-ujungnya dia mencengkeram bahu Si Romi sambil bilang, "dua ribu!"

Hening beberapa detik sampe ahirnya kami menyadari bahwa Si X bukan pengamen, melainkan kernek Kopaja yang lagi nagih ongkos. Pantesan aja mukanya bingung gitu pas kami ngangkat tangan. Sambil nahan ketawa, gw ngasi ongkos ke kerneknya. Seumur idup, gw belon pernah ngalamin salah paham konyol kayak gitu sampe saat Si Romi ngangkat tangan pas Si X minta duit. En gw refleks ikutin Si Romi, karena gw kirain Si X tu pengamen!
Wakakaka.. How silly!?

Anyway karena kecapean di perjalanan, Si Romi ketiduran di Kopaja en baru sadar pas mw nyampe. Sekitar jam setengah lima, berakhirlah petualangan kecil gw en Si Romi untuk hari itu. What a journey! Klo ada yang mw bikin pilemnya, gw dah nyiapin judulnya, "Kai & Romi Go To The Fatmawati Hospital". Yah, beda-beda dikit dari "Harold & Kumar Go To The White Castle" yang kocak abis.


to be continued...

2 comments:

Anonymous said...

Bung Kai, anda bukan orang pertama yang melakukan tindakan konyol itu, menurut kabar angin saya adalah orang ke 34 dari daftar yang melakukan tindakan konyol seperti itu, sedangkan orang pertama yang melakukan tindakan konyol itu adalah istri saya.

Kai said...

Wah.. Bung Ano ikut-ikutan ngerjain kernek ya? :D

Post a Comment