Peneliti Semut

Tuesday, September 25, 2007
Malu aku malu, pada semut merah
Yang berbaris di dinding
Menatapku curiga
................



Song : Kisah-kasih di Sekolah
Artist : Obbie Messakh




Postingan gw kali ini, bukan tentang lagu jaman gw SD dulu. Tetapi ttg makhluk non-manusia yang ada di baris pertama lagu karangan Alm. Chrisye tsb.

Bukan... bukan anjing...
Onta juga bukan...
Yup tebakan loe bener, semut! S-E-M-U-T! Ant, bhs betawinye.

Loe pasti bertanya-tanya, kenapa sih gw dengan tololnya malah ngebahas binatang kecil, item, sekali injak langsung mati, kyk semut? He he... Ada sejarahnya bro! And semua itu berawal dari rasa ingin tw gw yg kelewat besar (He he... akhirnya ada juga bagian dari gw yg bisa gw sama-samain dg Thomas Alva Edison).


Tahukah Anda?
Klo semut tu selalu berjalan pada jalur yang itu-itu aja pdhl kadang gk ada temen di depannya. (Nyadar gk loe?)
Tenang aja, gk usah malu, apalagi minder sampe gk berani keluar rumah, hanya karena loe gk nyadarin hal itu.
Gw sama koq, kapan gw nyadarin hal sepele kyk gitu? Selama 22 tahun gw dikasi ijin bernapas ma Tuhan (Thanks God!), baru dua bulan yg lalu gw sadar!

Saat itu, klo gk salah siang, gw sedang istirahat di sebuah tempat di Jakarta (gw lupa dimana). Karena gk ada tontonan laen, gw perhatiin tingkah laku para semut yg sedang berbaris di dinding depan gw. Tu semut jalannya berkelok-kelok, padahal klo lurus aja malah lebih cepet nyampenya. Gw mulai bertanya-tanya dalam hati, kenapa sih gk ada satu aja yg coba ngambil jalan potong?

Belum terjawab pertanyaan gw, eh ada kejadian aneh lagi! Rombongan pertama para semut dh pada masuk semua ke dalem lobang, skrg muncul rombongan kedua, n anehnya mereka tetap melalui jalan yg sama yg berkelok-kelok tadi, pdhl rombongan sebelumnya dh gak keliatan lagi! Koq bisa ya? (Siapa sih penunjuk jalannya?)

Timbul ide dlm pikiran gw, gimana klo gw gosokin telunjuk ke dinding tepat di jalurnya para semut, jangan-jangan? Langsung gw aja praktekin pas di tengah-tengah rombongan semut.

Hasilnya? Whoaa... Langsung aja tuh semut-semut pada bingung nyari jalan! Padahal temen mereka yg di depan gk jauh-jauh amat. Bahkan ada yg kesesat ampe ke ujung dinding!
(Inilah saat yg paling tepat bwt ngatain: "loe jalan pake mata gk sih!?")

Tanpa membuang waktu, langsung aja gw nelorin teori pertama gw sebagai seorang ilmuwan semut, bahwa mungkin setiap semut ngeluarin cairan tak berwarna dari bokongnya (kali?) yg nempel ke dinding, sehingga semut-semut laen yang ada di belakangnya, tinggal ngikutin cairan tu doank sampai ke tujuan.

Sesaat setelah ngeluarin teori pertama gw, seketika aja gw langsung ngebayangin klo gw sdg berada di Konvensi Tahunan Ilmuwan Semut Se-Dunia (ada gk sih?), n gw sdg presentasiin teori gw di depan ribuan ilmuwan.
Wuihhh. Gk kebayang bangganya!
Huehueuehueehueheuuehe.....

Khayalan tolol itu masih ada di benak gw sampe dua minggu lalu waktu gw maen ke kosan adek gw di Banda Aceh. Gw baru aja nyampe dari Medan, n karena alarm perut gw dh bunyi, gw langsung makan di dapur bareng adek gw yg cewe yg cuma satu-satunya.

Abis makan, gw baru nyadar klo ternyata di dinding dapur, semut-semut pada jalan berbaris. Gw langsung pingin pamerin teori dahsyat gw ke adek gw.

Kai : "Dek, tau gak klo jalannya digosok, semut-semut tu pasti pada bingung nyari jalan" (Sambil gosokin tangan ke jalan semut di dinding)
Adek : "............" (Adek gw mandang gw dg pandangan yg kaya akan kekaguman dan kebingungan)
Kai : "Tau gak?" (Sambil senyum penuh kemenangan)
Adek : "Tau koq."
Kai : "Hah!?"
Adek : "Gini kan?" (Sambil mraktekin yg baru gw bikin barusan)
Adek : "Yg ginian sih, adek dah tau dari setaon yg lalu"

JEGEEERRR!! Gw langsung serasa disambar petir. Gw langsung merasa gk rela klo teori gw dibajak ma adek gw (emang sawah?). Apalagi klo dia yg nantinya bakal ngepresentasiin di Konvensi Tahunan Ilmuwan Semut Se-Dunia (ada gk sih? Klo ada kasi tw ya?).

Kai : "Koq bisa tau? Tau darimana?" (Gw belon bisa nerima kenyataan)
Adek : "Di buku, koran, n majalah juga ada, Bang!"
Kai : "............" (Sunyi senyap, no response needed)

Yaahh, pupus deh harapan gw dapet gelar Doctor di bidang perSemuTan. Ilang juga harapan gw bwt dapet Nobel...
Mungkin cukup disitu aja khayalan gw ttg ilmuwan. Itu pukulan telak n penyadar bagi gw supaya kembali ke realita bahwa gw harus nyelesain kuliah yg tinggal setaon lagi di STIS.

Ok, that's all, kita gk boleh berlarut-larut dalam kesedihan. Seperti kata seorang Motivator dalam training Motivasi K-Link: "Anda dilahirkan untuk sebuah pencapaian besar di dunia! Dan itu adalah Anda!!"
Gw masih yakin klo suatu saat nanti gw bakal ngasi sesuatu ke dunia, ntah apalah itu.

Eniwei buswei, cukup disini ajalah postingan gw tentang semut kali ini, sebenarnya masih ada sih pengalaman gw dg semut di kosan gw di Jakarta yg bertingkah laku gk sepantasnya (mutant kali?). But berhubung gw dah capek ngetiknya, i'll keep the story for the next time. See you!

1 comments:

Anonymous said...

haiyah...
sejak kpn kul statistik pake neliti semut juga??!! :D
yg bener aja bang??
masa' ngitungin semut2 yg ada di kosan sih?!!
aya2 wae... :p

soal tragedi ama adek...
cm 1 komen aja deh>> hwuahahahaha...
*maka-a jgn sok jd dokter semut deh*
:lol:

Post a Comment