Korea Selatan dan Piala Dunia 2002

Wednesday, September 30, 2009
Masi ingat ama aksi fenomenal Korea Selatan waktu jadi tuan rumah Piala Dunia 2002 di Korea en Jepang? Ya, dunia dibikin tercengang oleh penampilan anak-anak Negeri Ginseng yang terus melaju, hingga berhasil menjadi peringkat ke-4. Gak tanggung-tanggung, mereka ngalahin tim-tim kuat seperti Italia en Spanyol dalam perjalanan menuju semifinal. Prestasi yang sangat mengembirakan mengingat track record Korsel di lima event Piala Dunia terdahulu, selalu kandas di babak pertama.

Banyak yang bilang, kalo prestasi terbaik tim sepakbola Korsel tu karena faktor tuan rumah en dukungan suporter yang bejibun. Ditambah lagi, beberapa anggota skuad mereka telah malang melintang di percaturan liga-liga Eropa. Gw termasuk salah satu dari sejumlah orang yang ketawa-ketawa liat aksi Korsel. Walopun gw gak pernah sekalipun nonton pertandingan Korsel di Piala Dunia 2002, gw senang aja liat tim underdog bisa ngalahin hegemoni raksasa sepakbola dunia. En sebagai bangsa Asia, gw merasa bangga ama prestasi Korsel, yang bisa bikin diem bule-bule Eropa.

Selama ini gw cuma ketawa kalo ada temen gw yang jadi pendukung Italia atw Spanyol, ngutuk-ngutuk Korsel pas lagi (gak sengaja) ngebahas Piala Dunia 2002. Gw cuma mikir, kalo mereka mungkin masih "agak sulit" menerima kekalahan tim favorit mereka. Abis liat video Korsel "membantai" Italia en Spanyol di Youtube, gw berubah pikiran.

Mungkin ini bisa jadi alasan mengapa prestasi Korsel di Piala Dunia 2006 kembali mentok di babak pertama. Buset dah.


Pelajaran hari ini: Untuk menilai sesuatu, gak cukup hanya dengan mendengar cerita orang. Harus liat pake mata sendiri, apa yang sebenarnya terjadi.

20 comments:

Adam Maulana Fajar said...

bnr jg y....

kai said...

@adam
fakta yg tak disadari..

Liza Marthoenis said...

<<< ngga nyambung :)

Pasang Iklan Gratis said...

Wah aku kurang ngerti dengan bola,
tapi setau saya pas piala dunia 2002 italia dikalahkan oleh korsel. itu waktu aku masih smp.
dan kata temen-temen saya karena wasitnya yang tidak bagus/alias curang/membela korsel gt!
tapi gak tau juga.
Iklan Baris

kai said...

@ Liza & PIG
liat aja videonya di youtube.. lebih cocok disebut american football atw martial arts daripada sepakbola.. :)

millati_bae said...

Bg Kaaaaaaaaaiiiiiiiiiiiiiii
Alexa tuh nunjukin rank atau rate?

kai said...

@Milly
ya rank dunk.. rank Alexa.
yg kamu maksud dg "rate" tu apa?

zuhra said...

gimana dengan "juara"nya Italia di PD 2006 dengan cara memprovokasi ace nya Perancis, sehingga di kartu merah? setali tiga uang nggak?

Kai said...

@zuhra
itu kan fakta yg udah diketahui publik.. kalo yg ini masih "tersamarkan"..

*atw gwnya aja yg gak aptudet?*

Anonymous said...

http://www.youtube.com/watch?v=vN6jMMsuxrA&feature=g-logo-xit
you must watch this

Anonymous said...

kalo ga ngerti bola mending maen barbie aja.....


asssuuuuu<<<<<<

Dibob said...

http://www.youtube.com/watch?v=5x_K6b3jcik

anjing korea...
buat apa bangga kalo menangnya karna wasit...

Edikamanuel said...

Intinya Korea itu kaya anjing main bola kasar bgt.. Indonesia yang cupu aja ga pernah curang, main wasit..

torro, come on !! said...

korea maen ngawur,,yang di tendang bukan bola,,tapi dari kepala sampai kaki pemain italy jadi bulan2nan pemain korsel janccoook,,

Unknown said...

pemain korsel seperti ingin membunuh pemain lawan

Unknown said...

bodoh kw woi...
korea waktu itu nyogok wasit, lihat video nya di youtube

fakta gila said...

kaget gue liat video nya

Reinhard Nainggolan said...

idiot...

ga tau bola banyak bacot.. pertandingan ky tai gt lu bangga2in.. portugal,italy sm spanyol di curangin gt

danero said...

Lihat aja youtubenya ....lo lht lg .tu maen bola apa tawuran.ampe kpala maldini dihajar kaki...korea menghalakan sgala cara buat para pemain italy terhenti mengejar bola.wasit didpanya diem aja.2 gol oof side,orang pelanggaran dikira diving.tp krn totti lg terknal ma divingnya se saat itu.terlepas dari itu..pertandingan yg seru mnurut saya.kebetulan saat pertandingan disiarkan thn 2002 saya ntn ampe selesai..di tv...dan sgt serius nontonya.

kelinci said...

Bagus pertandingannya (pakai youtube)
kelinci

Post a Comment