Merdeka!!

Monday, August 17, 2009
Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
.....


Seventeen august nineteen forty five
That's it our independence day
.....


(versi bahasa Inggris yg ngawur)



Selamat ulang tahun Indonesia yang ke-64!
Wish u all d best.. (kayak ultah temen aja..)

Udah 64 tahun Indonesia merdeka. Merdeka dari penjajahan kompeni Belanda dan serdadu Jepang. Kalo direnung-renungkan, sebenernya kita sendiri ngerasa merdeka ga sih?

Kalo gw ditanya pertanyaan kayak gitu. Mungkin gw bakal diam tanpa kata Kau seolah jenuh padaku. Gw gak ngerasain gimana rasanya dijajah Belanda. En gw juga gak bisa berpura-pura ngerti gimana rasanya menderita dibawah ancaman bayonet Jepang. Yang gw tahu, berkat jasa para pahlawan lebih dari setengah abad yang lalu, sekarang gw bisa dengan santai ngeblog & ngenet, bisa naek motor ke kantor tanpa harus khawatir ditembakin, gak perlu ketakutan dicari-cari ma tentara asing (karena dituduh nyuri kolor). Ini aja dah bikin gw bersyukur banget. En mungkin inilah makna dari kata "merdeka" itu sendiri.

Harapan gw ke depannya, mudah-mudahan bangsa kita bisa lebih kompak dan mengeratkan jalinan persatuan dan kesatuan. Karena sekarang bangsa kita sedang tercerai berai, terbagi dalam kelompok-kelompok, entah itu suku, agama, aliran politik, aliran musik, en whatever.

Gw miris pas mampir ke berita-berita politik di Detik.com. Kalo di beritanya nampilin para aktor politik sedang berdebat dan saling sikut di pentas pemilu, di bagian komennya, para simpatisannya saling menghujat dengan kata-kata yang menyakitkan hati. Gw aja yang cuma numpang ngeliat sekilas aja sampe gak nyaman baca komen-komen disitu, apalagi kalo kata-kata itu emang ditujuin bwt gw. Budaya saling sikut en saling menjatuhkan keliatannya dah menjadi bagian dari bangsa kita akhir-akhir ini.

Kritik. Kritik. Kritik. en Kritik.
Lebih mudah ngasi kritik daripada saran yang membangun. Padahal kata-kata yang diucapkan bermakna sama, hanya saja kritik lebih tajam dan menusuk, sedangkan saran bersifat memompa semangat dan membangkitkan minat.

Yah.. Mudah-mudahan diusianya yang ke-64 ini, bangsa kita menjadi semakin dewasa, gak kehilangan identitas dan jatidiri, dan semakin mampu bersaing dalam percaturan dunia.

Jayalah Indonesiaku.

6 comments:

ghievil said...

amin...
mampir ke blog q ya loe da waktu
dhieberzz-note.blogspot.com

qorii said...

Setuju..

Amin..

Mudah.mudahan..

-Untuk indonesia yg lbh baik!!!-

millati_bae said...

Gak usah khawatir... Masih ada orang2 nasionalis yang bijaksana seperti kita...
(Kita? Lo aja kali...)

ichanx said...

merdeka!!! yeaaahhh!!!!

kai said...

@dHie
i will.. :D

@qorii
#indonesiaunite

@milly
loe aja deh, mil.. :D

@ichanx
merdeka!!
prepare ur sharp bamboo!!

Ndaru Nuswantari said...

muga2 Indonesia tata titi tentrem, adem ayem, gemah ripah loh jinawi, tata kerta raharja, murah sandang lan pangan

Post a Comment