Pengalaman Internet via IM3

Thursday, October 23, 2008
Beberapa waktu yang lalu, gw dah ngeshare pengalaman gw ngenet via Axis. Sekarang gw mw ngeshare pengalaman gw internetan via IM3.

Gw beli perdana IM3 penuh dengan unsur keterpaksaan. Alasannya cuma satu, kemaren gw mudik ke Aceh, en Axis belum nyampe ke sono. So, I used IM3 instead. So, gimana performa kartu GSM yang populer dengan 0,0000000001 ini?

Menurut gw, sangat-sangat ngecewain. Mw gw ngaksesnya di Medan, or di Lhokseumawe, transfer datanya bener-bener payah.

Seperti yang udah gw ceritain di akhir post yang ini, gw dapet info dari temen gw, Si Andy, kalo IM3 sekarang sering RTE (Run-Time Error) alias koneksi lemot banget sehingga waktu yang disediain browser bwt ngebuka satu page abis. Gw juga ngerasain hal yang sama.

Pas gw ngenet via Notebook, koneksinya jalan dengan kecepatan rata-rata 1-3 kbps. Trus gak nyampe tiga detik, speednya ngedrop total ampe nol (minimal) selama 5 detik. Manthabb! En siklus ini berulang terus selama gw ngenet. Kondisi yang ekstrim ini nyaris bikin gw berubah jadi sejenis makhluk omnivora jadi-jadian pemakan kartu GSM, Sikaingunya Aiemtrius.

Kalo ngenet pake HP, okelah, gw bisa tinggalin tu HP en ngecek semenit kemudian, liat pagenya dah kebuka atw belum. Tapi ngenet pake laptop? Yang mana baru gw lakuin kalo gw lagi bener-bener harus onlen, en gw dipaksa harus nunggu dalam waktu yang lamanya minta ampun. Mana gak bisa buka 2 windows lagi. Ngebuka satu page aja dah empot-empotan, apalagi ngebuka dua page dalam waktu yang bersamaan. So, betapa hepinya gw pas balek ke Jakarta, en ngerasain nikmatnya ngenet dengan Axis. Ga nikmat-nikmat banget sih sebenarnya, tapi yang jelas lebih nikmat dari ngenet pake IM3.

Sori bwt fansnya IM3, gw gak bermaksud ngejelek-jelekin IM3. Gw cuma ngasi report apa adanya tentang pengalaman gw ngenet via IM3. Menurut gw, penyebab dari lambatnya koneksi IM3 adalah karena jumlah pemakai yang sangat tidak proporsional dibandingkan dengan bandwith yang mereka punya, so speed yang didapet tiap usernya relatif kecil. En hal ini udah cukup bikin gw kapok ngenet via IM3.

Gak! Walopun Asmirandah jadi bintang iklannya, opini gw tentang internet IM3 ndak bakal berubah. Pengecualian kalo ada undian bercipika-cipiki ria dengan Asmirandah bagi pelanggan IM3. Cumi!!

Keliatannya untuk sementara gw bakal setia dengan Axis. Pengen sih masang Speedy, cuma masih ragu aja, apalagi ngeliat warnet deket kos gw yang pake Speedy, yang menurut gw ngecewain. Pengennya sih masang Fastnet, tapi apa daya, mahal di kabel, Cung!! Maksudnya, kabel-kabelnya masih belum nyampe ke daerah gw. Ketiadaan kabel Fastnet, membuat gw serasa berkoteka di pedalaman Irian (halah lebay). Mungkin ntar gw coba nelpon PowerNet lagi, mana tw mereka dah nerima pelanggan baru..

2 comments:

Anonymous said...

emang klo pake axis bagus...???

boncu jg pengen pasang speddy office tuk rumah & tetangga...tp krena rupiah lg melemah jdinya boncu tunda dulu....

Anonymous said...

selama ini sih lebih puas pake axis sih.
btw apa hubungannya speedy ma rupiah melemah?

Post a Comment