Seminar & DN (bag 1)

Friday, August 22, 2008
Seperti yg udah gw janjiin di posting yang ini, kali ni gw mw ceritain tentang seminar skripsi en Dies Natalis STIS yang ke-50.

Udah agak basi sih sebenarnya, tapi tetep aja ini kejadian yang mungkin gak akan gw lupain seumur hidup.

Koq bisa?

Karena unsur ketegangan yang ada di dua event tersebut cukup tinggi. Lumayan bwt bikin tidur gw gak tenang, napsu makan menurun, mencret di celana, de el el.. Pokoke macem-mecem lah efeknya..

OK, event pertama adalah seminar pemaparan hasil penelitian (skripsi) yang berlangsung dari tanggal 7-25 Juli. Mantapnya, gw dapet tanggal 10. Yah berarti bisa duluan selesai neh. Selaen itu, mahasiswa diharuskan untuk nonton seminarnya mahasiswa laen sebanyak 25 kali.

Ngeliat jadwal yang kayak gitu, gw langsung pasang strategi. OK, minggu pertama bakalan gw fokusin bwt seminar gw dulu. Baru minggu ke-2 en ke-3 dipake bwt ngejar tanda tangan (bukti udah nonton seminar mahasiswa laen) yang 25 itu. Gw yakin bisa terpenuhi karena sehari aja ada 6 sesi seminar.

Ternyata hidup emang gak semulus kulit artis-bintang-iklan-lotion-di-tipi. Karena pembimbing gw gak bisa hadir, seminar gw diundur ke tanggal 16! Bler! Salah strategi! Gw cuma ngumpulin 5 tanda tangan di minggu pertama.

Gw mutusin gak pake strategi bwt minggu kedua. Jalanin apa adanya aja. En u know what? Seminar gw diundur lagi ke tanggal 23! Alamak jang.. Total di penghujung minggu kedua, gw cuma ngumpulin 13 tanda tangan! Gw mulai was was.. Jangan sampe gw gak dikasi lulus hanya gara-gara tanda tangan nonton seminar gw kurang dari 25..

Akhirnya tiba juga tanggal 23 yang dinanti-nantikan, semalaman gw gak tidur bwt nyiapin materi seminar en ngeberesin skripsi. Jam 9, gw mulai masuk Ruang Sidang, karena seminar gw di sesi 2. Alokasi waktu bwt seminar tu 1 jam doang. Jam 9.15, seminar dimulai. Gw nenangin diri sebentar, trus mulai memaparin skripsi gw. Gw agak gugup dikit, tapi tetap berusaha bersemangat ngejelasin materi. Setelah demo program maka selesailah sesi presentasi.

Gw cuma bisa melongo, waktu moderator bilang presentasi gw luar biasa cepet, ga nyampe 10 menit! Padahal waktu yang dikasi tu 15 menit. Karena itu, sesi tanya jawab, bakal ditambah 5 menit! Mati deh gw! Dan dugaan gw terbukti, alokasi waktu 35 menit bagi pembahas bertanya aja, udah serasa kayak diinterogasi sebagai tersangka maling sandal di masjid. Apalagi ditambah jadi 40 menit, gw serasa diinterogasi sebagai tersangka psikopat homo!!

Jadi jangan heran, kalo detik-detik moderator nutup seminar terasa lebih delicious dari Chicken Crispy-nya Kolonel Sanders. Oh it so yummy (for my nerve).. (Sial.. gw jadi laper..)

Dengan kelegaan yang luar biasa, gw nonton seminar sesi 3, yang menggenapkan tanda tangan gw jadi 17. Rencana gw, gw bakalan ngebabat 3 seminar yang tersisa di hari itu, sehingga tanda tangan gw jadi 20.

Karena belon makan dari pagi, gw pulang dulu pas break dzuhur selama sejam, trus ntar ngikutin sesi 4 yang mulai jam 12.30. Abis sholat en makan, gw duduk bentar di kos. Gw mejamin mata sedetik bwt ngistirahatin mata yang nonstop nyala dari semalem. Gw ngebuka mata lagi, pas suara mp3 "My Chemical Romance - I'm Not Okay" terdengar dari hape gw. Ada telepon dari nomor tak dikenal.

Gw lalu nerima tu telepon, dan terjadilah percakapan antara dua makhluk berbeda alam. Yang satu bicara apa, yang satu jawab apa.. Rasanya otak gw masi belum nyambung ma telinga gw.. Cuma ujungnya doang yang gw tangkap.

"Nyoe aneuk pak Kamaruz?" (Ini anak pak Kamaruz? - bahasa Aceh)
"Beutoi." (Betul)
"Oh maaf salah sambong dek."

Gw cuma bisa nganga. Itu adalah salah satu percakapan telepon teraneh yang pernah gw lakuin. Lebih aneh lagi pas gw liat jam di hape. Jam 16.05.

Gw ngucek-ngucek mata, barangakali mata gw dah uzur. 16.05. Angkanya tetep gak berubah.

Jam 4 Sore! Gw tidur kayak kebo dari abis dzuhur ampe jam 4 sore!! Dalam posisi duduk lagi! Ternyata proses satu pejaman mata yang gw kira berlangsung sedetik, rupanya ngabisin waktu nyaris 4 jam!! Untuk sesaat gw teringat kisah Ashabul Kahfi, tapi cuma sebentar, karena abis tu gw ingat kenyataan yang paling gawat. Seminar tinggal dua hari lagi, sementara tanda tangan seminar gw masi kurang 8!


Berlanjut ke bagian 2.

0 comments:

Post a Comment