Nampilin Recent Comment (Komentar Terbaru) di Blogger/Blogspot

Thursday, July 3, 2008
Berbulan-bulan sebelum gw nulis artikel ini, gw desperate banget pengen nampilin komentar yang paling baru yang ada di blog gw. Akhirnya gw sempat ketemu satu situs, yang nyediain layanan widget bwt bikin "Recent Comment" bwt Blogger/Blogspot.

Dengan hepinya, gw pake tu layanan. Berhubung gratis gitu loh. Tapi setelah beberapa minggu, gw baru nyadar kalo ternyata tu layanan lelet banget. Akibatnya blog gw jadinya ngeload lebih lama, trus selama "komentar terbaru" masih loading, tampilan blog gw jadinya jelek banget.

Awalnya gw mencoba sabar, en berlapang dada. Tapi, lama-kelamaan kesabaran gw abis. Saat itu juga, gw coba mengexplore fitur-fitur yang dimiliki Blogger/Blogspot.

And you know what! Ternyata nampilin "Recent Comment", "Komentar Terbaru", atw apalah istilahnya, ternyata guaammpangg banget!! Segampang loe ngupil tiap hari..!!

Caranya?

Ikutin langkah-langkah berikut:

Buka settingan Layout blog loe, trus klik add a Page Element yang ada di siddebar kiri atw kanan blog loe.

Ntar muncul pop-up windows kan? Pilih Feed.

Trus di Feed URL, isiin "http://loe.blogspot.com/feeds/comments/default". Ganti "loe.blogspot.com" dengan "alamat blog loe".

Ganti Title-nya dengan "Recent Comment", "Komentar Terbaru", "Komentar Jiwa-Jiwa Yang Tersesat", "Komentar Orang-orang Dodol", atw apalah, suka-suka loe..

Show komennya maksimal cuma bisa lima.

Btw kalo mw nampil tanggal komennya, kasi tanda "check" di Item dates. Kalo mw nampilin nama orang yang ngasi komen, kasi tanda "check" di Item sources/authors

Abis tu, klik Save

Trus liat hasilnya di blog loe..

Gampang kan?



Update:

Ternyata gak segampang yang gw kira, praktek gak sejalan ama teori. Ada masalah di feed commentnya blogger/blogspot, sehingga feed commentnya gak terupdate gitu aja.

Solusinya ya copas code di bawah ini en taruh di Widget HTML/Javascript.

<ul><script style="text/javascript">
function showrecentcomments(json) {
for (var i = 0; i < 5; i++) {
var entry = json.feed.entry[i];
var ctlink;

if (i == json.feed.entry.length) break;
for (var k = 0; k < entry.link.length; k++) {
if (entry.link[k].rel == 'alternate') {
ctlink = entry.link[k].href;
break;
}
}
ctlink = ctlink.replace("#", "#comment-");
var ptlink = ctlink.split("#");
ptlink = ptlink[0];
var txtlink = ptlink.split("/");
txtlink = txtlink[5];
txtlink = txtlink.split(".html");
txtlink = txtlink[0];
var pttitle = txtlink.replace(/-/g," ");
pttitle = pttitle.link(ptlink);
if ("content" in entry) {
var comment = entry.content.$t;}
else
if ("summary" in entry) {
var comment = entry.summary.$t;}
else var comment = "";
var re = /<\S[^>]*>/g;
comment = comment.replace(re, "");

document.write('<li>');
document.write('<a href="' + ctlink + '">' + entry.author[0].name.$t + '</a>');
document.write(' on ' + pttitle);
document.write('<br/>');
if (comment.length < 100) {
document.write(comment);
}
else
{
comment = comment.substring(0, 100);
var quoteEnd = comment.lastIndexOf(" ");
comment = comment.substring(0, quoteEnd);
document.write(comment + '...<a href="' + ctlink + '">(more)</a>');
}
}
document.write('</li>');
document.write('<div style="font-size:75%;text-align:center"><a href="http://www.blognyasikai.com/2008/07/nampilin-recent-comment-komentar.html">Pasang Widget Ini Di Blog Loe</a></div>');
}
</script>
<script src="http://loe.blogspot.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=showrecentcomments">
</script></ul>
<noscript>You need to enable JavaScript to read this.</noscript>



Udah dicopas?

Abis tu ganti kode-kode ini:

1. Kalo loe pengen komen yang muncul tu lebih dari lima, ganti angka yang berwarna biru.

2. Panjang setiap komen yang muncul udah diset untuk 100 karakter. Tapi kalo loe masih ngerasa karakternya masih kurang atw terlalu berlebihan, ganti aja dua angka yang berwarna ijo.

3. Terakhir loe mesti ganti alamat "loe.blogspot.com" yang berwarna merah dengan "alamat blog loe".

Abis tu jangan lupa disave.

Gak susah-susah amat kan?



Tengkyu bwt Tips for New Bloggers atas tipsnya.

25 comments:

Menoedh said...

thank you ya....=)

Kai said...

u're welcome.. :)

Anonymous said...

gue dah masang trik kamu dalam posting ini ke blog gue.
terima kasih atas ilmunya, sukses selalu untuk kamu..!!
merdeka ..

Anonymous said...

sama-sama mas..
semoga blognya makin rame.. :)

Anonymous said...

Tampilannya lebih rapi dari recent comment saya sebelumnya. Thanks, friend...

Anonymous said...

thx so much

mypuzzleoflife said...

Hey,

makasih ya, sangat berguna infonya.

-O-

Anonymous said...

kai, thanks banget. udah saya pasang di blog saya. thanks berat ya!

Rahmanovic Mira said...

i did it...

Lutfi said...

Masi ya bosssss, buat aq yg baru di blogspot berharga banget, ijin postingannya aq taruh di blog-ku ya....

Jangan khawatir si mpunya pasti aq tampilin, OK!

Kai said...

ok.. :)
yang namanya ilmu harus disharing..

"d-Wee!" said...

Makasih banyak ya buat tipsnya. Met kenal juga ya ^_^

"d-Wee!" said...

Dah dipraktekkin neh...

Tapi, supaya gak nampilin commentnya author gimana caranya? Ada filternya nggak?

Thx

Anonymous said...

hoi friend. ya.ajarin gw bikin blog

Rajajowas2nd said...

2 thumbs 4 ur script

wes tak pasang ndik blogku cakkk ...

Afriana Kartikasari said...

hallo, udah saya pasang aplikasinya di blog saya..
tengkyu..
very helping :)

cheers,
-anna-

Heri Purnama said...

Thank's bang...

hpnugroho said...

thanks infonya sob ... bener pake feeds secara biasa gak gampang ternyata ...

yoyon said...

nice infoo.. thanks..

hfa said...

makasih

ducky said...

kang saya copas ke blog saya ya..thanks...

dellanovski said...

mantab sob..

.::PRIVACY::. said...

Thx's bro buat share nya,
Good job

Ell said...

Hihi , kalau di wordpress gampang banget loh ^^

Admin said...

nice : )

Post a Comment