Google Adsense Referral Pensiun Sementara

Wednesday, July 2, 2008
Kemaren pas buka imel, gw nerima imel yang judulnya "We Are Retiring Adsense Referrals". Baca judulnya aja, jantung gw rasanya mw copot. Karena beberapa minggu sebelum ini gw baru aja dapet warning dari Google karena "illegal activities" di salah satu situs gw. Yang ada dipikiran gw adalah gw dibanned atw program Google Adsense distop.

Pas web browser gw lagi ngeload isi imelnya, gw mikir, jangan-jangan cek yang bakal gw terima dalam beberapa minggu lagi adalah cek pertama en terakhir yang gw dapet dari Adsense.

Ternyata pas baca imelnya, yang pensiun tu cuma program referralnya doang. Fiuhh.. Lega deh. Menurut imelnya sih, program referalnya Adsense bakal dinonaktifin ampe minggu terakhir di bulan Agustus. Ya gapapa deh, asal jangan Adsense for Content en Adsense for Search yang dipensiunin. :D

Untuk yang satu ini, gw gak bakal kena efeknya. Cuz, selama ini, gw belon pernah dapet earning yang asalnya dari referal. Udah setengah mati ngusahain dapetin earningnya referal, ampe bikin landing page bwt produk referalnya. Tapi gak satupun ada yang konversi produknya, padahal kliknya ada beberapa.. Oh man, I'm tired deh (ABCD = Aduh bo' cape deh).

Tapi, bulan Juni, merupakan bulan penuh kesengsaraan bwt gw. Earning Adsense gw yang biasanya di kisaran $1-$2 perharinya, di pertengahan bulan tiba-tiba merosot jadi $0-$1 per hari. Weleh-weleh. Padahal untuk bulan May, gw dapet $44, tapi untuk bulan Juni malah turun jadi $31. Mungkin inilah yang dimaksud Om Cosa dengan musim kemarau bagi publisher Adsense. Impresi juga merosot jadi 50%. Klik agak turun. CPC turun drastis.

Ehm, bisa jadi ini adalah tanda peringatan supaya gw harus rajin promosi lagi, trus rajin ngepost, en terakhir mungkin harus ngerubah desain layout dari blog-blog monetize gw. Masih ada harapan.. :)

Selama Google Adsense belum pensiun total, masi ada kesempatan bwt dapet kiriman dolar dari Amrik sono..
So, let's fighting!!

4 comments:

Anonymous said...

kalo udah dpt kiriman dollar-a, ksh tau dt yah bang.. :D

*bakal mkn2 nih*

Kai said...

mw makan ceknya langsung?

kan blum dicairin deet.. :D

Leonida said...

kai gw dapet imel yg isinya kayak gini dari om GA, kira-kira kamsudnya apa ya?
Introducing interest-based advertising - action required for your AdSense account

Hi,

We're writing to let you know about the upcoming launch of interest-based advertising, which will require you to review and make any necessary changes to your site's privacy policies. You'll also see some new options on your Account Settings page.

Interest-based advertising will allow advertisers to show ads based on a user's previous interactions with them, such as visits to advertiser website and also to reach users based on their interests (e.g. "sports enthusiast"). To develop interest categories, we will recognize the types of web pages users visit throughout the Google content network. As an example, if they visit a number of sports pages, we will add them to the "sports enthusiast" interest category. To learn more about your associated account settings, please visit the AdSense Help Center at etc...

Anonymous said...

@afdi
gw juga dapet..
cuman baru nangkep sebagian dari maksud emailnya.. intinya para publisher adsense disuruh ngerubah privacy policy yg ada di situs ber-adsense..

lengkapnya ntar deh.. mw blogwalking dulu ke situsnya para master..

Post a Comment