Prajab Usai. Penempatan Next.

Wednesday, April 29, 2009
Akhirnya berakhir juga hari-hari prajab yang fun en melelahkan. Abis dikarantina selama dua minggu, ujung-ujungnya gw bisa juga lulus dari diklat Prajabatan Golongan III Angkatan XXII.

Minggu kedua Prajab ngapain aja?

Minggu kedua prajab gw mulai dengan episode marahan ama si dia yang selalu terluka kakinya. Alhamdulillah, semua dah clear. En gw bukan orang yang suka memperpanjang masalah. Justru gw tu tipe orang yang ga tahan marahan ama temen. Gw mungkin bakal bilang ama Si Dia Yang Bermasalah Ama Gw (alias SDYBAG) untuk ngejauhin gw selama satu hari. Karena kemungkinan besar, gw bakal meledak kalo deket-deket SDYBAG, en gw ga suka nyemprot orang di depan umum. Bagi gw, itu mempermaluin orang namanya. Tapi abis tu, setelah satu hari penuh emosi, ujung-ujungnya pasti gw yang nyesel en marah ama diri sendiri, "kenapa sih batas kesabaran gw tipis banget?"

Yeah, that's me. Cowok yang ga suka marah en ga suka dimarahin. Lebih seneng ngumpul-ngumpul plus ketawa-ketiwi (tapi, tolong jangan digelitikin). Itu yang bikin prajab jadi fun. Gw jadi bisa ngumpul ama temen-temen deket gw, yang selama ini kita dah jarang hangout bareng karena kesibukan masing-masing. Gw serasa balik ke masa-masa di SMA dulu. Belajar dari pagi ampe siang, lanjut ama sport di sore hari. Trus hangout pas malemnya. That was fun. I enjoyed every little part of it.

Ujiannya gimana?

Niat gw untuk belajar begitu minggu kedua dimulai gagal total. Ujiannya hari kamis, en gw baru mulai nyentuh materi tu selasa malem. Itupun cuma sebentar. Trus sambung lagi pas rabu malemnya.

Kamis pagi, kita semua ngikutin apel. Trus diumumin kalo ujiannya diundur besok dengan alasan yang ga jelas. Misterius banget. So, ada waktu free selama sehari yang bisa dipake bwt belajar. Beneran free? Tentu tidak. Jam 2 siang, gw yang lagi bermesraan ama guling tiba-tiba dibangunin, cuz mendadak ada gladi penutupan diklat. Malemnya, gw malah sibuk latian lagu bwt penutupan besok. Abis tu, gw langsung bobo. Lha, belajarnya kapan? Niatnya sih gw mw bangun jam 3 atw 4 gitu. Tapi apa daya, gw sakit mata. Mata gw susah banget dibuka :D. So, gw baru belajar lagi abis subuh.

Pas ujiannya, gw langsung gelisah geli-geli basah di 15 menit pertama. Soal ada 50 biji. En untuk bisa lulus tu harus dapet nilai 70, alias kudu bisa ngejawab 35 soal dengen bener. Dari 25 soal pertama, gw cuma bisa ngejawab 4 soal yang gw yakin bener. Keringat gw mulai bercucuran. Gw mulai ngeliat 25 soal yang terakhir. Ada soal yang aneh. Gw lupa persisnya. Tapi kira-kira kayak gini.


Globalisasi erat kaitannya dengan komunikasi. Apa kendala utama komunikasi di era globalisasi?

A. Agama dan ras.
B. Sumber daya alam.
C. Kurang tekun belajar.
D. Hambatan bahasa dan teknologi yang belum memadai.


Gw cengok liat soal kayak gitu. Pilihan jawabannya oon banget. Jelas-jelas jawabannya D. Ini mah, ga perlu ikut diklat, juga pasti bisa jawab. Tapi, karena gw merasa ada yang ga beres ama tu soal, gw ngebaca ulang sampe 5 kali. Nothing's changed. En gw ngejawab D dengan perasaan ragu. Kali aja jebakan.

Tapi, ternyata soal-soal berikutnya yang muncul ya kayak gitu juga. En dari 25 soal terakhir, gw bisa ngejawab 15an soal sambil ketawa-ketawa. Abis tu, ya ngejawab sisa soal yang laen dengan modal "feeling". Pas ujian selesai, gw nyamain jawaban ama temen-temen, en prediksi gw, gw cuma salah 15 alias bener 35. En pas diumumin, gw ga perlu ikut HER! Prediksi gw keliatannya mengenai sasaran. Gw ga cocok maen di aer. Gw cocoknya jadi ahli nujum (halah!).

Pas penutupan, diumumin kalo semua peserta Diklat Prajabatan Golongan III Angkatan XXI & XXII dinyatakan LULUS! Horee.. Abis tu ya persembahan. En gw ama beberapa temen nyanyiin "Ingatlah Hari Ini"-nya Project Pop. En prajab pun berakhir sudah.

Berikutnya adalah penempatan. Gw bakal berangkat ke Banda Aceh tanggal 3 Mei. Petualangan gw di Jakarta udah berakhir. Saatnya mengabdi ke kampung halaman (ceile.. bahasanya). So, ini minggu terakhir gw di Jakarta.. I'll be missing many things..

9 comments:

ichanx said...

wah... mo ditempatin di kampung halaman ya? selamat yaaa... kalo nanti2 mampir ke jakarta, jangan lupa oleh2nya... rumput... wakakakaak

Anonymous said...

selamat bertugas buat negara ya. hehehe

kai said...

@ichanx
biaya impornya mahal..
mw nanggung? :D

@Anonymous
tengkyu..

uLie said...

prajab adalah hari2 yg penuh kenangan.... :)

sparklingdena said...

wih..naik gaji dounkz intinya =D hehe..

*liyer baca semuanya =D

kai said...

@uLie
yup.. setuju.. :-bd

@dena
gaji apaan?
baru juga diangkat..
blom nerima gaji sepeser pun.. :D

Unknown said...

mas, klo ada info dan jadwal prajab buat cpns bps pelamar umum 2008 tlg kirim ke emailku dong:
joko.firmanto@gmail.com
trima kasih. ditunggu infonya.

kai said...

@joko
info prajab? loh, koq nanya ke gw?
biasanya tiap daerah beda2 kan.. :)

Fatkhurrohman,M.Si said...

masih nyimpan soal nya ga gan

Post a Comment