Mismatched Shape Type

Thursday, January 28, 2010
Eitt.. Jangan menilai buku dari sampulnya. Jangan menilai CD dari covernya. Gw pernah muter CD Teletubbies punya temen gw yang ternyata isinya film porn (berpelukan!!). Jauh bener cover ama isinya. En yang terpenting, jangan menilai seseorang dari wajahnya, meskipun gw lumayan cakep en keren. (Loh!? Koq malah jadi narsis-narsisan?)

Sebenernya, maksud gw tu jangan buru-buru menduga kalo ini adalah postingan paid review hanya dari judulnya. Judul postingan kali ini adalah sesuatu yang bikin gw stress berat selama dua hari ini.

Bukan. Bukan. Sekali lagi bukan karena shape body gw yang mulai melar en tumbuh ke samping.

Ceritanya begini.

Para pegawai BPS yang kerjanya di bagian IPDS (Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik) selama beberapa bulan ini pasti udah akrab banget ama software yang namanya ArcView GIS. Ni software digunain untuk mengolah batas desa berdasarkan hasil pemetaan yang dilakuin BPS sebagai persiapan dari Sensus Penduduk 2010. Gw gunain ArcView versi 3.3.

Selama beberapa bulan terakhir, kerja gw cuman liat peta desa, perbaiki batas desa di ArcView, liat peta desa, perbaiki batas desa di ArcView, liat peta desa, perbaiki batas desa di ArcView. Gitu terus berulang-ulang sampe gw teler.

Kalo jumlah desanya cuman dikit, ini mungkin pekerjaan yang.. yah.. gak sulit-sulit amat. Tinggal beberapa kali liat peta, en dilanjutin ama beberapa kali klik, selesai deh batas desanya. Sayang beribu sayang, Kabupaten Aceh Utara terdiri dari 27 kecamatan en 853 desa. Bener-bener amat disayangkan. Gw jadi cinta banget ama diri gw sendiri. Mudah-mudahan gw gak jadi gila gara-gara peta, peta, en peta.

Karena gw ngerjainnya berdua ama Kasie IPDS, kami mutusin untuk membagi 1 shape file kabupaten menjadi 27 shape file kecamatan, sehingga pengerjaannya gak harus di satu PC doank.

So, dimulailah perjuangan gw dalam memperbaiki batas desa. Perjuangan yang gak mudah, namun tetep gw jalanin. Demi bangsa dan negara (Halah! coba bos gak nyuruh.. :D ).

Sejauh ini, gw udah nyelesain 3 kecamatan plus sedang memperbaiki batas desa di 5 kecamatan. Semuanya aman terkendali. Hingga hari selasa kemaren.

Hari itu, pas gw lagi ngerjain batas desa. Tiba-tiba, Kasie Produksi muncul di ruangan gw. Beliau minta tolong untuk ngeprint file yang ada di flashdisk. Spider-sense gw langsung ngasi sinyal tanda bahaya. Tapi karena beliau atasan gw, terpaksa gw mengabaikan peringatan yg jarang meleset itu.

Huooo.. apa yang terjadi.. terjadilah.. *vokalis mode on*
Dalam waktu beberapa detik setelah flashdisk nancep di PC, Windowsnya langsung minta direstart. Tanda bahwa virus udah berhasil ngerubah setingan komputer. Gw cuman bisa nge-damn dalam hati. Pasang tampang seolah gak terjadi apa-apa. Trus ngeprint file yang diminta beliau. Pas gw kasi flashdisknya ke beliau, gw kasi tw kalo tu barang dah bervirus.

Untuk mencegah virusnya beraksi. Gw langsung ngegunain fasilitas system restore yang ada di Windows. Setelah komputernya ngeload setingan kemaren, gw langsung ngecek segala macem, kali aja ada yang berubah. Setelah lima menit, tu Windows XP masih keliatan sama dengan yang kemaren. Jadi, gw simpulin kalo gw berhasil menggagalkan serangan virus.. Wahai virus-virus, sini kalo berani. Biar gw tebas!! >:)

Gw pun langsung kembali ke aktivitas rutin. Ngedit batas desa di ArcView. Pas gw buka aplikasinya, langsung muncul error: "mismatched shape type"!! ArcViewnya jalan, tapi ada 3 kecamatan (2 udah selesai diperbaiki, 1 masih gw kerjain) yang gak keload shape file-nya.. WTF!! Gw mikir, rasanya kecil banget kemungkinannya PC kantor gw keinfeksi virus yang khusus nyerang ArcView. Pasti bukan virus. Pasti ada yang salah ama filenya.

Gw langsung nyoba segala kemungkinan. Ngedelete shape file 3 kecamatan tu dari ArcView, trus di add ulang. Pesan "mismatched shape type" masih muncul. Gw pindahin shape file-nya ke PC yang laen. Gak bisa diload juga. Gw replace file kecamatan.shp ama file yang pertama banget. Yang diload ama programnya ya batas desa yang belum diperbaiki. Dodol. Kalo bukan karena takut disuruh ganti yang baru, udah gw tendang tu PC. Gw nelen ludah. Masa gw harus ngulang memperbaiki batas wilayah 65 desa!? Perbaiki 5 desa aja bisa seharian!!

Besoknya gw coba ngeload 3 shape file yang bermasalah itu. Tetep error. Gw dah putus asa. Hingga tadi sore, menjelang pulang, gw iseng-iseng ngetik "mismatched shape type" di Google. Edun. Ternyata banyak hasil pencariannya. Bego dah!! Napa kemaren gw gak nyoba searching di Google. Padahal udah gak terhitung berapa kali si mbah Google jadi penyelamat saat gw butuh bantuan.

Dari hasil search di Google, gw nemu program yang bisa memperbaiki shape file yang katanya corrupt. Gw coba download aja. En gw hajar shape file 3 kecamatan tadi dengan tu program. Hasilnya.. Taadaa!! Shape file-nya bisa diload lagi. Kerjaan gw selamat!! Thanks a lot Google!! Muach muach muach!! :-*

Bwt loe-loe yang mungkin lagi berkutat ama ArcView, en mungkin lagi nulis surat wasiat sebelum gantung diri gara-gara error "mismatched shape type". Urungkan niat loe, bro!! Problem yang loe hadapin masih ada jalan keluarnya!!


ajian Shape Checker nan sakti mandraguna!!



Yang harus loe lakuin cuman browse shape filenya, klik "Build Shx", en klik "Check DBF". Beres dah!! Bener-bener program simpel yang efeknya maut!! Hidup gw selamat gara-gara program ini! (lebay dikit gapapa deh)

Ok. Ini link downloadnya >> Download Shape Checker

Silakan dimanfaatkan demi kebaikan dunia. Sekali lagi, thanks Google en Shape Checker!!

Hahahahahahahahahahhaha...
*tawa kemenangan*


NB: ternyata program Shape Checker ini dibikin taun 1999.
...................
Gw serasa masih hidup di jaman batu..

6 comments:

Anonymous said...

Nice inpo, gan. Tapi loe dah item kayak batu...hue he he.

ennykus said...

Pantesan ini kuping berdengung, disebut-sebut mulu. Tuh, ada berapa kali nyebut "en", haha.... *narsis dikit*

Thanks infonya, bos :)

kai said...

@Anonym
tau dari mana?
ah, gosip tuh.. jangan percaya ama infotainment.. B-)

@enny
dokter THT bakal seneng banget kalo dikunjungin enny.. =P

millati_bae said...

Hahaha... Digitasi lageee... Si kambing dah stress neh! Kapak2 boleh neh daku konsul soal digitasi...

kai said...

@mila
masa' Plh. IPDS gak bisa digitasi? =P

Handy said...

thanks banget infonya..terbantu banget..file ane selamet met met..hufff

Post a Comment